Wednesday 10 June 2015

Radar


pic dari screen shot serial Room Alone

Weekend telah tiba. Saatnya melepas penat setelah seminggu berkutat dengan tugas kuliah dan ngecengin dosen ganteng. Gimana nggak capek, udah gue kasih kode tapi dia nggak respon. Masa perlu gue glepar-glepar naked di depan dia, jangan gila donk! Gue tau tuh dosen homo juga, gay radar gue menangkap sinyal itu. Lagian menurut kabar burung tuh dosen emang homo.

Kabar burung  seharusnya gosip antara cowok sama cowok. Yang punya burung siapa coba? Cowokkan? Apalagi yang homo, tuh burung (dibaca kenti) pasti udah tempel sana sini, dari salam tempel itu akhirnya menyebar kemana-mana. Termasuk Penyakit Sex Menularnya :p. Katanya lagi sih tuh dosen punya burung yang gedong, gue percaya aja sih karena kenyataan gitu. Kalau ngajar selalu pakai celana slimfit ketat, pasti donk batang kenti dan bijinya tercetak jelas. Menurut gue sih itu bagian dari kode atau dia sedang mengirimkan sinyal untuk para mahasiswanya yang punya radar kehomoan.

Tapi ya sudah lah gue nggak bisa dapetin dia. Bagi gue yang penting bisa dapetin nilai bagus dari tuh dosen. Gue nggak mau ngulang dan ketemu dia lagi. Sekali lagi gue ngulang dan ketemu dia, dijamin iman gue ngggak guat. Bisa aja gue nekat grepe-grepein dia.hahahah. ups sory i’m bitchy.

Hari ini gue mau ngohan (dibaca ngopi handsome), bareng Bin dan Ban. Tapi kayaknya cuma gue aja dech yang handsome, jadi yang ngohan cukup gue aja. Sedangkan kedua temen gue ngocan, alias ngopi cantik. Coba aja lihat mereka kalo angkat cangkir kelingkingnya ngetril, sok cantik bangetkan kayak putri bangsawan. Padahal yang ada mereka adalah homo bangsatwan. Semua homo pasti bangsatwan, karena mereka lakik. nggak ada bangsatwati.

Demi kepraktisan bersama kita langsung ketemu di Starbuck. Mumpung lagi awal bulan dan lagi tajir gue menyanggupi ngohan di Starbuck Amplaz. Setelah itu ke esokan harinya gue bisa ngandalin makan di angkringan atau burjo atau nebeng makan di Ban dan Bin.

Gue nyampe Amplaz ketika kedua temen seperhoman udah dateng duluan. Kayaknya mereka juga baru dateng.
“Hai Banci.....” ucap gue tanpa suara sambil melambai ke Ban. “Hai Bincung....” salam gue tanpa suara pula pada Bin. Gue menyapa mereka nggak pakai suara demi ketertiban bersama. Gue bukan bagian dari homo heboh, tapi gue cuku sadar diri kalau gue bitchy.
“Haii.....Bencong.......” pekik mereka dengan kompak. Alhasil barista dan pengunjung lainnya ngeliatin gue sambil senyum-senyum. Sumpah mereka ngeselin banget buat harga diri jatuh sejatuh-jatuhnya mungkin udah gak ada harganya lagi.
“Sialan....” gue mengepruk mereka pakai tas. Tapi mereka malah nyengir doank.

Akhirnya kita pesan. Mereka pesan kopi. Berhubung gue gak doyan kopi jadi gue pesen hot dark chocolate, emang juara dech coklat disini. Sebenenya gue lebih doyan lagi sama baristanya karena gagah bange dan “batangan coklat”. Pasti liar dech kalau di kasur. Forget it, gue nggak mau ngarepin yang nggak pasti-pasti.

“Ehh... tuh cowok dari tadi ngeliatin elu dech Ben,” bisik Bin sambil curi-curi pandang ke cowok setengah gadun (sega) yang lagi duduk sendirian. Tepatnya arah jam 9 dari gue. He look manly dengan pakaian kantor.
“Dia pasti homo,” Ban ikut berbisik sok tahu.
“Tolol!!!” Gue menoyor jidat kedua orang itu. “Dia udah tau duluan kalau gue homo, gara-gara kalian teriakin bencong. Sekarang dia jadi perhatiin gue kan. Dia sebenernya lagi penasaran sama tiga bencong lagi ngocan.hheheeh,” kelakar gue dengan muka dijudesin.
“Ben noh dia ngeliatin elu lagi,” bisik Bin.

Secara reflek gue nengok ke arah sega yang dari tadi curi-curi pandang. Strike!! Kita beradu mata, alias saling menatap. Tanpa ragu lagi gue kasih senyuman manis, buat kodein dia. Namun sial! Boro-boro dia balas senyuman, dia langsung nunduk dan kemasin barang bawaannya terus ngacir.

“Dia takut sama bencong macam lu!!” ledek Ben.
“Sialan....!! gumam gue.

Nggak lama kemudian datang seorang pemuda. Kayakya seumuran sama kita. Menurut gue sih ganteng, modis, rapih. Keliatannya dari kalangan atas dan biasa nongkrong di sini. Melihat kehadiran cogan (cowok ganteng) itu, kedua temen gue langsung jadi homo jelalatan. Maklum selera mereka adalah cowok seumuran. Sedangkan gue lebih suka sama sega.

“Pasti dia homo,” Bin menebak dengan penuh keyakinan. Matanya nggak lepas mandangin cogan itu.
“Keliatan banget tuh homonya.” gue menunjuk ke arah cogan itu.
“Dari mana kalian tahu dia homo?” tanya Ban polos.
“Gaydar elu di pakai donk....” ucap Bin geregetan, pandangannya masih lurus ke arah cogan itu.
“Apaan tuh?” Dahi Ban mengernyit, tanda emang beneran nggak tahu.
“Gay radar. Tolol!!” kata Bin dengan nada menghina. Gue ngeliat Ben jadi manyun.
“Elu kan homo, pasti donk punya gaydar,” gue mau mencoba menjelaskan gaydar ke sohib gue yang sering kena bully. “Jadi gaydar itu suatu feeling yang mengatakan cowok yang elu liat itu adalah homo, kalau pun lagi sama monyetnya (dibaca pacar cewek) berarti dia bisexual.”

Ban manggut-maggut dengan serius. Bagi dia mungkin ini pengetahuan baru. Tapi kayaknya dia sudah bisa merasakan itu namun belum ngerti ada istilah gaydar. Buat newbie emang gay dar itu belum peka, bisa juga emang nggak bisa mendeteksi.

“Simpelnya gini,” Bin mencoba nambahin maksud dari gay dar. “Elu itu sebenarnya udah punya radar. Jika ada cowok yang mengeluarkan sinyal kehomoannya secara sadar atau nggak sadar radar elu bisa nangkep itu.”
“Ouuhh gitu.” Ben cuma manggut-manggut. Gue yakin Ben masih belum paham karena tatapannya kosong gitu. “Sinyalnya kayak gimana ya?” tanya Ben polos.

Bin garuk-garuk kepala yang gue yakin pasti lagi gak gatel, melaikan gemes sama kepolosan Ben. Gue pun ikutan gemes. Sebenarnyakan Ben juga udah lama jadi homo, tapi kenapa dia sering banget gak ngerti apa-apa tentang istilah perhomoan.

“Sinyalnya bisa dari fashion yang dia pakai, entah itu baju, celana atau aksoris lainnya.” Gue memberi jeda sebentar untuk menyeruput coklat panas yang sekarang sudah berangsur adem, dan masih rada penuh. “Bisa juga sinyal yang dia pancarkan berupa gesture tubuh. Elu bisa mengamati tanda-tanda tuh orang homo dari gayanya.”
“Elu udah tau kan tanda-tandanya cowok homo?” tanya Bin dengan pandangan menyelidik.

Ben yang merasa terpojok diem aja karena udah jiper duluan. Ben taktu kalau salah jawab kena bully lagi dari kita berdua. Ben juga sedang memikirkan jawaban yang tempat untuk memperlihatkan dirinya sebagai gay expert.

“Dari gayanya yang ngondek, terus bajunya yang cerah bagaikan bunga di kebun yang sedang bermekaran,” jawab Ben agak ragu.
“Emang bener juga, tapi ada yang bagian yang salah.” Tuh kan tetep aja bagi Bin ada yang salah. “Gak semua yang ngondek itu gay. Tapi emang kebanyakan yang ngondek bisa ditebak sebagai gay.”
“Kalau menurut kamu yang Ban. Sinyal mana yang dia kirim sebagai gay?” tanya gue untuk menguji gaydar Ban. Gue menunjuk cogan yang barusan dateng.

Ban nggak langsung menjawab. Dia sedang mengamati cogan yang sedang ngopi sendirian pojokan. Sesekali dahi Ban mengernyit seolah-olah serius sedang menafsirkan sinyal-sinyal yang dipancarkan oleh cogan itu. Setelah itu Ban menyeruput kopi, sepertinya sudah siap untuk menjawab tantangan dari gue.

“Gue udah siap jawab,” kata Ban dengan lantang. “Tapi elu elu jangan ngebully gue kalau jawaban gue salah atau melenceng.” Tangan Ban menunjuk gue dan Bin, nadanya juga terdengar mengancam. Gue dan Bin mengangguk dengan semangat. Ban menghela nafas melihat ekspresi kita yang senyumnya dipaksain. Ban nggak yakin juga kalau kita bisa diem nggak ngebully.

 Pandangan Ban masih lekat mengamati cogan itu.  “Sinyal yang dia kasih dari gesturenya lihat aja cara dia pegang gelas plastiknya, jentiknya ngetril kaya kalian.” Ban nyengir pada gue dan Bin. “Terus cara dia duduk, satu kaki dipangku dengan gayanya dengan anggun. Kalau cowok tulen nggak seperi itu, pasti mbenggang, seperti mas-mas di sana.” Ban menunjuk cowok berperawakan gagah sedang duduk sendirian. Gue dan Bin secara reflek langsung nengok ke arah cowok yang di tunjuk Ban. Emang bener cara duduknya berbeda.
Kita kembali memperhatikan cogan itu ketika Ban melanjutkan analisa. “Dia juga suka tengak-tengok sana sini. Seperti sedang mencari sinyal dari homo-homo yang lain. Sekarang dia malah ngeliatin kita.”

Awalnya gue dan Bin nggak sadar sama omongan Ban. Gue sama Bin masih serius juga ngelitain coga itu, sampai mata dia beradu pandangan, secara bergantian cogan itu ngeliatin tingkah kita bertiga yang konyol. Lalu cogan itu malah senyum pada kita semua.

“Goblok!!” gue dan Bin kompak ngepruk kepala Ban. “Kenapa baru ngomong sih kalau dia perhatikan kita juga,” Bin ngedumel sama Ben yang masih meringis kesakitan.
“Sakit bego!!” Ban gantian ngepruk kepala kita berdua. “Kalian juga lebay perhatiin cogan gitu kayak gak pernah liat orang ganteng. Padahal jelas-jelas orang yang depan kalian ini sudah paling ganteng.” Ban menunjuk dirinya  dengan congkak.
“Elu emang gateng, tapi telmi alias telat mikir,” timpal gue dengan sadis. Bin malah cekikikan saja.
“Gue salut sama analisa elu Ban. Hampir semunya tepat,” Bin memuji Ban yang udah menjawab tantang gue.
“Apalagi pas dia senyum, keliatan homonya,” lanjut Ban yang sekarang jadi congkak sok ngerti sinyal homo.
“Eh orang Indonesia itu pada dasarnya ramah. Kalau elu senyum atau elu diliatin sama orang pasti bakal senyum,” gue mematahkan asumsi Ban.
“Gitu ya.” Wajah Ban jadi lesu lagi, dan tampak kecewa. “Eh kalau ngondek atau yang sok kecantikkan itu gampang banget ya ketahuan kalau dia gay. Terus yang lakik beneran tapi homo gimana kita bisa tau?” tanya Ban kembali antusias.
“Itu juga gampang,” jawab Bin dengan cepat dan sok paham betul dengan gaydar. “Coba elu liatin aja cowok yang lakik itu, kalau dia balas pandang elo dan ngeliain elo sampai lebih dari lima detik berarti dia homo.”
“Bisa aja dia emang lagi sakit mata,” sanggah gue dengan cuek. Padahal gue pun tau teori itu.
Bin dan Ban nggak gubris celetukkan gue. “Terus elu pura-pura cuek and then kamu coba ngeliatin lagi dia, kalau ternyata dia ngeliatin elu balik atau beberapa kali elu mergokin dia lagi curi-curi pandang ke elo, berarti dia positif homo!” cerocos Bin diakhir kalimat dengan mengangkat kedua tangannya tanda kemenangan.

Ban mengangguk saja seperti ayam sedang matok makanan. Ban emang selalu terkesima dengan hal pengetahuan gay yang baru, apalagi kalau gue dan Bin yang memberi soal itu, kita bagikan seorang expert yang sedang melatih newbie polos.

“Dari pada kita berdebat gak jelas, mending kita cek dia di Grindr,” gue menyampaikan ide. Demi kepastian, demi kebenaran, dan demi kemampuan gaydar Ban.

Bin langsung bergerak cepat mengambil Pad yang dari tadi bersemayam di tas. Jari Bin lincah banget menari-nari di touch screen. Sesekali terdiam ketika menunggu loading. Wajahnya tampak serius, mungkin karena saking penasarannya. Tak lama kemudia senyum penuh kemenangan mengembang dari bibir Bin yang bitchy.

Bin mengacungkan jarinya membentuk huruf V. “Positif dia homo.” Bin melirik ke arah cogan itu. Pad-nya diletekan di meja, terhampar kotak-kotak penuh dengan foto cowok dari aplikasi Grindr. Lalu menunjuk salah satu foto. Setelah diperhatikan dengan seksama emang mirip banget sama dia. Jarak yang terpangpang juga hanya berapa meter dari tempat kita duduk.

“Selamat ya...gaydar elu berjalan dengan semestinya,” gue menyalamin Ban sebagai bentuk penghargaan karena sudah tepat menilai orang itu homo atau bukan.
“Cuuzz PM dia,” usul gue dengan girang.
“Jadi kita nggak usah repot-repot ngandalin gaydar yang kita punya. Karena sudah ada Grindr yang secara akurat sebagai gaydar.” Bin mengangkat Pad-nya lalu menggoyangkan, seakan sedang pamer.
“Iya mending pakai Grindr aja. Tinggal tul tul tul dapet dech. Cocok langsung samperin,” Ban ikut nambahin persetujuan pendepat Bin.

Emang sih sekarang banyak aplikasi mengenai gaydar. Nggak cuma Grindr tetapi masih ada Male Force, Manjam, Planet Romeo dan masih banyak lagi. Kita tinggal lihat layar smartphone liat foto homo shirtless pamerin otot perut dan bishep. Kita juga tahu seberapa dekat atau jauh tuh homo-homo dari kita, karena sudah ada informasi kilometer. Bahkan ada yang langsung menujukan peta lokasi mereka.

“Tapi menurut gue, sebagai homo sejati harus punya gaydar alami yang kuat.” Gue berbeda pendapat sama kedua teman gue.
“Kalau ada ini ngapain repot?” Bin kembali mengacungkan Pad.
“Nggak semua orang punya aplikasi Grindr,” gue masih tetep keukeh bahwa gaydar alami yang terbaik.
“Tapi semua orang butuh kepastian orang itu gay atau nggak,” Bin terus menyerang gue. “Di Grindr sudah dipastikan dia gay, bahkan ada informasi bot, top atau verst.”
“Lagian nggak semua orang berani langsung nyamperin orang yang disangka kita gay,” Ban kembali nambahin untuk memperkuat serangan.

Gue speacless, apa yang diomongin Bin dan Ban bener. Meskipun gue punya gaydar kuat tapi gue tetep nggak berani nyamperin tuh orang. Meskipun gue tau dia gay, tapi tetap aja gue masih ragu, ujung-ujungnya mengurungkan niat untuk berkenalan. Jadi sekarang, sekuat gaydar kamu nggak bisa banggain karena ada aplikasi gaydar yang lebih canggih, kecuali kalau elu berani nyamperin secara langsung, baru bisa dibanggakan.

“Haiiiii trio B. Banci, Becong, Bincung.” Suara cempreng menggema ditelinga gue dan dua temen lain. Suaranya nggak kenceng banget tapi cukup mengundang perhatian sekitar.
                     
Kita bertiga serempak menengok ke sumber suara yang berasal dari pintu. Gue liat ada Nad. Salah satu sahabat gue dan Bin di kampus. Dia berkelamin betina. Dia emang udah tau kalau kita membentuk trio perhomoan, jadi otomatis Nad pun kenal Ban.  Dengan senyum sumeringah dan tangan melambai Nad mengahampiri kita.

“Sialan lu Nad!!” hardik gue pada Nad yang tanpa permisi langsung duduk. “Elu tuh udah buat kita nggak punya muka dibanyak orang.”
“Kalian kan emang pada muka pantat semua,” timpal Nad dengan cepat. “Gue lagi mau jalan sama Din dan Wid, tapi mereka belum dateng. Gue boring donk terus jalan eh malah ketemu para waria,” cerocos Nad memberi tahu alasan kenapa bisa sampai nyasar ke sini.
“Reputasi kita hancur......” ucap Bin memelas.
“Dari dulu kalian juga udah ancur,” balas Nad kasar. “Eh kalian disini pasti lagi ngecengin mas-mas, om om dan brondong itu.” Nad menunjuk beberapa orang yang ada di dalam Starbuck.

Gue, Bin, dan Ban mengikuti gerakan telunjuk Nad yang sedang nunjuk. Secara sekilas gue ngeliat orang-orang yang ditunjuk menunjukan indikasi sebagai homo. Nad seyum kemenangan telah berhasil menganalisa orang-orang itu.

“Buset...elu lebih jago dari Banci satu ini,” gue nunjuk Ban yang masih terkesima kehebatan Nad. Langsung drop dech Ban, keahlian yang baru dimiliki telah diungguli oleh Nad yang notabenenya betina dan dia straight.
“Eh elu koq bisa jago banget sih?” tanya Bin penasaran.
Nad terlebih dulu senyum congkak sebelum menjawab. “Gimana nggak jago setiap hari gue nongkrongnya sama homo-homo jelalatan macam kalian di kampus.” Mampus menohok sekali omongan Nad. “Noh di sana ada couple lagi pacaran.” Nad menunjuk pasangan gay yang sedang bercengkrama. “Itu yang bener malam minggu buat pacaran. Kalian bertiga jones sih ya, cuma bisa threesome ngocan.” Sekali lagi Nad kometar yang menusuk relung hati kita.
Nad mengambil smarthphone dari saktunya untuk melihat pesan instan. “Eh gue cabut dulu ya, mereka udah datang. Kita mau shoping, mawar ikatan tinta cinn?” mulai dech kumat lagi Nad pakai bahasa planet, mentang-mentang ketemu sama tiga homo bithcy. Seperti datangnya tadi kini Nad pun pergi tanpa permisi lebih lanjut.

Ok. Gue ambil kesimpulan. Siapapun yang gay atau biseks, sekalipun straight punya kemampuan gaydar. Gaydar bisa terbentuk karena kebiasaan. Seberapa sering kita berkumpul dengan makhluk-makhluk gay. Seberapa banyak kita bertemu dengan para homo. Jadi intensitas dan kuantitas akan membentuk gaydar kita menjadi kuat. Secara nggak langsung ketika kita bertemu sesama homo akan menganalisa gesture, fashion, percakapan yang ada di diri homo itu.

“Bin gue ngerasa sega itu ngeliatin gue terus dech,” bisik gue pada Bin sambil melirik sega yang berada tepat pada jam 11 dari arah gue.
“Ember....cus embat aja,” saran Bin.

Buat gue konyol bangget saran Bin gue jelas nggak berani tapi gue pengen membuktikan gaydar alami bisa diandalkan. Gue curi pandang ke sega itu. Beberapa kali gue  kepergok lagi ngeliatin dia. Gue masih penasaran juga sih. Pas lagi liat sega itu, dia malah balik mandang gue. Kesempatan ini nggak gue sia-siakan, bukannya gue berpaling tapi malah senyum ke arah dia. Eh dia malah balas senyum. Tangannya juga mengayun seperti kucing yang nangkirng di kasir toko yang pemiliknya Tionghoa. Gue tau itu simbol dari ajakan untuk mendekat. Gue ragu donk, gue memberi isyarat ke dia menunjuk dada gue lalu menunjuk dia lagi, artinya apakah gue yang elo maksud untuk ke situ? Dia membalas dengan senyum dan anggukkan.

Gue langsung menghampiri sega yang tadi sudah manggil gue untuk bergabung ngohan berdua. Dari kursi yang baru dan traktiran hot dark chocolate gue bercengkrama dengan sega itu. Tebakkan dan gaydar gue akurat banget, sega ini emang homo. Dari kejauahan gue ngeliat Bin ngutakngutik Pad, nggak lama kemudian cogan yang dari tadi kita tebak sebagai homo bergabung dengan Bin dan Ban.


Jadi pilihanmu adalah gunakan gaydar alami mu atau teknologi. Mana yang kamu percaya diri untuk mendapatkan pria yang kamu suka. 

TAMAT

Telah terbit buku tema gay berjudul #Kamuflase. Penjualan melalui On Line. Pemesana bisa KLIK SINI. TEMUKAN IDENTITASMU DENGAN BERKAMUFLASE 

No comments: