Wednesday 10 March 2010

orang baik itu relatif


suatu ketika aku bertanya kepada A
aku: btw C orangnya gimana??
A: C orangnya nyebelin bangget dech pokoknya, kamu jangan dkt ma dia. bisa2 kamu di porotin

iseng aku tanya kepada B
aku: C orangnya kayak apa sich?
B: orangnya baek, lucu, asik ajah temenan ma dia.

wew mana yang bener neh?? whateverlah yang penting aku temenan dengan niatan baek dan tulus.
dari situ aku bisa menyimpulkan kalau kebaikan orang ituch relatif bangget tergantung dari siapa kita bertanya. kalau kita tanya kepada sahabat C pasti akan menjawab baik. sebaliknya berbeda kalau kita bertanya kepada musuhnya C pasti akan jawab dia itu jahat.
dan emang sich baik itu masih relatif. tiap orang punya ukuran kebaikan dari penilaian ke seseorang. bisa juga loh ada teman yang anggep kita baek ada juga yang bilang kita itu jahat. tapi urusannya beda lagi kalo suara mayoritas bilangnya kalau C itu tidak baik. suara mayoritas berartikan suara yang bisa juga valid. tapi pasti ada motif2 tertentu orang tersebut berbuat tidak baik. jangan su'udhon dulu lah......
paling gak dalam berteman kepada siapapun itu harus bersikap baik. dari bersikap itu orang lain bisa menilai pribadi kita dan itupun masih relatif juga kan tiap orang berbeda. yang penting kita udah melakukan yang terbaiklah........

ada bukti nyata kebaikan itu sangat relatif. contohnya ajah noordin m top bagi orang kebanyakan dia ituh sangat jahad membunuh orang2 pa lagi dengan teroris. nah beda lagi pendapat pengikutnya dia itu baek, membela yang benar dan lain2. dari situkan udah jelas banget baik adalah suatu kata yang relatif.
nah gimana pendapat kamu tentang aku baik atau tidak? :p

No comments: