Monday 29 March 2010

rokok yang haram


berapa minggu lalu dunia publik Indonesia digemparkan oleh fatwa tentang rokok yang haram oleh berbagai ormas Islam berdasarkan dalil2nya. tapi yang jadi pertanyaan apakah dengan pengharaman rokok lantas semua masalah teratasi? perokok aktif berhenti seketika, trus gak ada asap rokok dimana2.

aku pikir sich gakfektif juga masalahnya apakah manusia sekarang pada takut akan fatwa2 apa lagi itu bukan hukum resmi. yang ini ursannya antar manusia dan Tuhan. hukum formal rokok ajah dengan gampangnya dilanggar oleh masyarakat serta pembuat peraturan tersebut.

pengaturan rokok itu intinya pada diri sendiri bagiamana menyadari kalau rokok itu buruk buat diri sendiri atau yang menghirup asap kejam tersebut. yang merokok juga harus tau diri!!! dimana kamu bisa merokok kan ada tempat smoking area. kalo di tempat umum gak ada yang merokok hormati mereka janga enak2n ngrokok sendiri. buat orang tua juga harus ada pengawasan buat anak2nya banyak banget anak smp bahkan sd sudah jadi perokok aktif besok gede paru2nya gosong lu...... kita sama2 belajar untuk memahami antara yang perokok dan bukan. buat pemerintah juga buat peraturan yang tegas dunk.....
Updated on Friday · Comment · Like

Wiwik Aja Dimulai dari manusianya sendiri.
Temenku dokter, masih tuh ngerokok ria. Yg punya angkringan-burjo-warung-toko-minimarket-swalayan dan sebangsanya pada kompak'an, ngga ngejual rokok sama anak dibawah umur-remaja!

Ngga ngejual rokok dalam skala ketengan. Harga rokok dimahalin aja, pajaknya digunain ke hal-hal yg penting. To dana peningkatan layanan masyarakat yg bermanfa'at.

No comments: