Thursday 16 June 2011

bemain air sambil arum jeram

Libur-libur siang hari bosenin kalo cuma dirumah ajah. Paling enak tuh kalo main air. Kalo cuma berendem di bak mandi gak asik, berenang di kolam renang biasa ajah, ke pantai bosen juga. Pengen suatu yang baru n menantang.

Gimana kalo rafting kayaknya seru banget dech. Gak cuma main-main air tapi bisa sekian olah raga buat pacu andrenalin. Cobain dech pasti bakal ketagihan.

Kalo mau nyobain bisa ke Muntilan deket candi Borobudur disitu banyak yg nawarin jasa rafting. Kalo dari Jogja kita lewat jalan magelang nah setelah Muntilan belok kiri jalan menuju Borobudur sebelum candi borobudur kan kita lewat jembatan yang besar sekitar situ tempatnya.

Biayanya perpaket dari yang 500ribu sampe 2juta tergantung kita mau pilih paket yang mana. Bagi para pemula disarankan paket sungai Elo disamping masih relatif murah dan masih aman aja buat yang sekedar fun.

Olah raga ini emang sedikit extrim tapi masih aman-aman ajah koq.
Gak usah kuatir kalo gak bisa renang, tenang ajah masih bisa ngapung koq kan ada pelampung. Sebelum kita mengarungi sungai kita diberi instruksi agar tetep aman sepanjang jalan. Kelengkapan pengaman ada helm dan dayung. Misalnya kita kecemplung dalam sungai tenang ajah gak uasah panik. Pososi kaki jangan kebawah tapi usahakan ke atas biar langsung ngapung. Dayung pun ada fungsinya ujung dayung dapat dikaitkan dengan ujung dayung lainnya jadi kita bisa ditarik ke perahu.

Kita juga gak sendirian menyusuri sungai yg penuh dengan jeram. Pasti akan ada pemandu untuk nemenin kita yang ngatur kapan kita harus dayung belok kanan atau kiri dan untuk mempercepat atau melambatkan dayungan.

Kita gak langsung rafting di tempat kita daftar tapi kita akan naik mobil dulu ke poin pelarungan gak jauh juga sih

Setelah selesai berdoa langsung naik perahu karet yang muat untuk enam orang. Lebih seru sih kita serombongan ma temen. Awalnya kita masih slow ajah mendayung agak berat juga sih karena alirannya masih tenang.

Sudah cukup untuk penetrasi gejolak riak mulai terlihat dari jauh. Siapkan dayungnya nah pas udah masuk jeram perhatikan instruksi dari pemandu biar kita bisa lolos dari jeram. Baru ajah lolos dari satu jeram padahal di depan masih banyak jeram-jeram yang menanti.

Belum selesai menghela nafas sudah dikejutkan dengan jeram yang dahsyat jangan panik atau duduk ditengah dalam perahu agar gak terpelanting ke sungai. Jangan lupa dayung dipegang erat-erat.

Kali ini jeramnya berkali-kali jadi butuh extra hati-hati. Sesekali juga pemandu bermanufer dengan membanting setir jadi seakan-akan kita berputar didalam jeram. Oh ya jangan marah kalau pemandu kita ternyata usil juga kita akan didorong biar nyebur sungai disitu kita bisa praktekan apa yg udah diajarkan tadi bila kejebur.

Bila ada rombongan lain kita juga biasa mengajak meraka untuk balapan atau tabrak saja. Hal tersebut dilakukan kalu alirannya tenang jangan coba-coba kalau sedang dalam jeram.

Sekitar setengah perjalanan kita akan istirahat dulu di pinggir sungai. Ada makanan ringan dan air putih sudah disediakan cukup 15menit istirahatnya.

Walau cuma sebentar istirahat cukup meregangkan otot yang tegang. Kita akan berjibaku kembali dengan jeram. Sepanjang perjalanan kita akan disugguhkan pemandangan yang indah rimbunnya semak bambu atau tebing kapur. Diberapa tempat akan ada fotografer kita bisa bernarsisria pemandu akan memberi tau kalau ada yang udah siap membidik kameranya biasanya sesi pemotretan pas dijeram yang besar.

Ada spot yang alirannya tenang tetapi dalam dan diapit oleh tebing kapur yang sempit kita bisa menyemplung dan rasakan nikmatnya mengapung, ingat biar bisa mengapung dengan sempurna kaki keatas permukaan air. Disini kita bisa istirahat tapi juga gak lama.

Jeram-jeram besar sudah menanti didepan. Mau bersensasi lagi cobalah duduk di ujung perahu dayung ditaruh ajah di kita bisa pegangan tali pinggir perahu. Kita akan seperti terjungkal dan melayang disitulah letak serunya dan buat nagih lagi.

Gak berasa juga 2jam berarung jeram sekitar 12km panjang lintasan. Diakhir acara pemandu akan membalikkan perahu tapi itu di aliran yang tenang. Jangan kapok untuk mengulangi lagi. Bila perlu pindaj lokasi lain
Published with Blogger-droid v1.7.1

No comments: