Thursday 2 June 2011

PANCASILA


PANCASILA
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
3. Persatuan Indonesia.
4. Kerayaktan yang di pimpin oleh hikmad kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan.
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

masihkah anda ingat dengan Pancasila? maybe yes may be no untuk mengingatnya. padahal waktu kita sekolah setiap hari senin dibacakan di upacara atau bahkan sampai mengahapalnya di pelajaran PMP (Pendidikan Moral Pancasila) yang sekarang sudah diganti dengan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

masih penting gak sih Pancasila? PENTING BANGET karena Pancasila itu sebuah pondasi Indonesia sebagai arah melangkah kemana negara ini bergerak dengan memikirkan ketuhanan, manusia hidup dengan Tuhannya dan dengan berketuhanan manusia menjadi arif. kita juga manusia harus adil walaupun sekarang ketimpangan dimana-mana dalam hukum Indonesia. persatuan adalah bentuk kita untuk terus satu tujuan untuk menjadikan Indonesia yang bersatu membangun bangsa ini tanpa membeda-bedakan SARA. hanya ada di Indonesia musyawarah mufakat, kita berpendapat dengan kepala dingin untuk mecapai kesepakatan, dan adanya keterwakilan dalam DPR, MPR, DPD. Rakyat Indonesia harus makmur, kita ini tinggal di negara terkaya di dunia pemerintah harus mensejahterakan kita semua, namun kita juga harus turut membantunya.

sungguh hebat pemikiran Soekarno, prinsip Pancasilanya tidak pernah usang oleh perkembangan zaman. kita sebagai penerus perjuangannya harus mengamalkan nilai-nilai pancasila memang kelitannya klise banget tapi itu untuk kita semua dan negara ini untuk menyongsong sebagai negara maju.

No comments: