Saturday 11 April 2015

Ben & Ban

pic dari potongan adegan di serial Hormones Season 2

Gue mau cerita tentang persahabatan gue. Tentunya persahabatan gue dengan Arga. Kalau ditotal kurang lebih udah 12 tahun. Cerita ini (label Catatan Guys)  merupakan perjalanan kita berdua dalam menapaki dunia persilatan homo. Kita jatuh bangun menghadapi getirnya kehidupan gay. Dari awal kita terjerumus dalam lembah hitam (dimana2 lembah itu hijau, banyak pohon dasarnya ada sungai kecil). Kita juga menggalau bersama meratapi bahwa ternyata kita memang gay, bercupu-cupu ria ke dugem, merana akibat cinta, gila-gilan di jalan kalau tengah malem. Dan masih banyak lagi.

Gue pertama kenal dia dari MIRC channel #gim. Waktu itu kira-kira kita masih kelas 2 SMA. Waktu itu gue masih berupa rasa penasaran aja gay itu seperti apa. Akhirnya gue cari-cari sendiri di internet. Akhirnya ketemu dengan namanya #gim. Hanya ada seratusan user, itu kira-kira tahun 2002an.

Singkat cerita gue kenalan sama Arga. Orangnya asik buat ngobrol walau sedikit kaku kalau buat bercanda. Berhubung jaman segitu handphone masih jadi barang mewah, maka kita masih pakai email untuk lanjut berkomunikasi. Oh ya selain Arga  gue kenal namanya Ian, Rino dan Inung, ternyata mereka berempat itu satu gank dan semuanya anak Jogja.

Awalnya gue nggak minat sama sekali buat kuliah di Jogja, karena capek jauh dan nggak ada saudara. Tetapi berhubung di Jogja ada jurusan yang gue mau dan sudah punya temen baik akhirnya gue pilih Jogja untuk menimba ilmu.

Pertama kali orang gay yang gue temuin adalah Arga. Ceritanya gue bingung karena mau daftar kuliah di Jogja tapi gue juga nggak punya sapa-sapa di sana. Lalu gue minta tolong Arga buat nebeng nginep satu atau dua hari. Sebenernya gue juga bisa minta tolong Ian coz kita emang mau daftar di kampus yang sama, cuma rumah Ian ke terminal Umbulharjo jauh banget, yang terdekat adalah Arga.

Gue belom punya handphone jadi nggak bisa berkomunikasi sama Arga. Gue cuma kasih tau jadwal keberangkatan ke Jogja. Terus Arga cuma kasih nomer telpon rumahnya. Saat itu mungkin belum banyak kriminal sesama homo kali ya jadi bisa saling percaya aja untuk kasih tau nomer telpon rumah. Sampai di Jogja langsung ke Wartel buat telpon Arga. Gue cuma kasih tau letak wartelnya dimana. Gue nunggulah di depan wartel.

Gue tunggu lama banget koq nggak muncul-muncul. Dia juga nggak punya handphone. Aku telpon balik ke rumahnya, katanya sudah pergi. Tapi gue curiga ada satu cowok di depan wartel duduk di atas motornya tapi diem aja. Dia curi-curi pandang ke gue. Tapi masalahnya dia pake masker, buat nutupin wajahnya dari debu (mungkin).

Udah malem gini, Arga koq jahat banget nggak jemput-jemput. Masa mau nggalandang disini. Mau telpon Ian juga bisa, dia nggak punya telpon rumah. Aku Cuma minta di jemput dari rumah Arga besok pagi. Rino pun sama nggak ada telpon rumah. Sudah pasrah dech jika memang mengglandang disini.

Gue bingung nih anak dari tadi liatin mulu, tapi nggak nyamperin. Aku juga nggak berani nyamperin barangkali salah orang. Gue cuma pernah liat Arga di fotonya aja, satu-satunya foto yang ada di facelink dia.

“Permisi..... kamu Arga?” gue memberanikan diri untuk bertanya sebelum dia kabur.
Dia melepas maskernya. Dan senyum ramah mengembang. “Kamu entong ya?”
“Iya” jawab gue menngguk.

Kita langsung berangkat ke rumahnya. Di jalan kita sempat ngobrol-ngobrol.
“Koq kamu nggak nyamperin aku?” tanya gue agak kesal.
“Lahh..... aku kan belum pernah liat kamu,” tampik Arga. “Kamu juga kenapa nggak nyapa aku dulu?”
“Gimana mau nyapa, lah kamu aja pake penutup muka gitu.” Gue nunjuk slayer yang masih nempel di wajah Arga. “Aku aja sebenernya diberaniin koq.”

Kita berdua diam karena canggung, tapi setelah itu tertawa terpingkal-pingkal karena kebodohan yang kita lakukan sendiri. Gue nggak pernah kasih foto gue ke dia. Dia juga bodoh orang baru pertama kali ketemu pakai masker. Itulah pertama kali gue ketemu Arga.

Lambat laun gue semakin deket sama Arga. Gue sering main ke rumah dia kalau akhir bulan buat nebeng makan. Kita juga sering jalan bareng, dia sebenernya anak rumah tapi gue sering ngeracunin buat nongkrong dan nonton ke bioskop. Sesekali kita juga nongkrong bareng sama temen-temen. Lebih tepatnya teman dia. Gue sama sekali jarang banget ngenalin temen ke dia.

@@@

“Eh cong....” dia panggil gue yang sedang asik buk friendster di laptopnya.
“Jangan panggil gue becong donk,” jawab gue kesel. “Gue emang homo tapi bukan bencong.”
“Elu emang bencong,” timpal dia terkekeh. “Mana ada lakik kayak gitu ketimpringan.” Dia nunjuk gue yang emang berbadan kurus. Tangannya suka uncontrol,
“Alah elu juga banci!!” serang gue ke Arga yang sedang tergelak puas tiba-tiba diam. Dan kini gue yang menang.
Seketika itu juga Arga diam medapat serangan balasan. “Eh mana ada gue banci, tampang ok gini koq. body muscle.” Arga memaerkan otot bishepnya sok muscle dengan.
“Elu mah badan aja tampak lakik, tapi kalau jalan geal geol kayak pere.” Gue tertawa terbahak-bawak membalas dengan bom atom. “Secara sekilas tampang elu juga cantik tau!” lanjut omongan gue yang masih tertawa puas kemenangan.

Gue ngelirik ke Arga dia masih cemberut karena gue menang telak. Arga emang orangnya sensitif tapi kita nggak pernah marahan apalagi sampai jambak-jambakkan. Dalam persahabatan kita nggak ada kata berantem berhari-hari.

“Jiah... gitu aja ngambek. Keliantan bancinya dech,hehehe,” gue masih ngeledekin dia yang semakin keki.
“Jangan gitu donk cong......” meski dia agak sedikit ngedumel tapi ada senyum di wajahnya. “Eh jangan panggil bencong donk. nanti orang luar ngertinya kita becong dan banci beneran.
“Gini aja dech, gue panggil lu Ban, elu panggil gue Ben jadi gak keliatan Bencong dan Banci kan?hahahaa.”
“Jiahh.. tetap aja artinya sama,” dia ikut tertawa.

Gue ngatur posisi duduk gue biar kelihatan serius. Tapi emang beneran mau ngmong serius juga sih. Masalah namaa juga penting dalam dunia perhomoan dan dunia maya internet.

“Ban... kita nggak bisa terus-terusan pakai nama asli dalam pergaulan homo,” gue mulai berdiskusi. “Nggak mau kan semua orang tau nama kita, gimana pun juga kita harus jaga privacy.”
“Eh gue belom sepakat dipanggil Ban,” protes Arga.
“Gak perlu kesepakatan. Pokoknya elu harus nurut,” gertak gue dengan mata melotot. Tapi yang ada Arga malah ketawa karena gue nggak emang nggak bisa melotot.
“Gue nggak tahan liat gaya elo sok galak gitu. elo tetep aja keliatan ketimpringan mana mata elu tuh sipit,wakakakak.”
“Setan lu ah.....” gue lempar buku yang ada di depan gue ke badan dia. “Serius donk banci.....” kini giliran gue yang manyun.

Arga menghentikan tawa ala ngondeknya karea melihat gue yang serius. Buat gue ini masalah pentig juga. jadi emang perlu diomongkan secara serius juga.

“Elu nggak mau juga kan kalau tiba-tiba elu terkenal di dunia perhomoan juga. ‘kamu kenal Arga yang kuliah di UGM gak? Ouh Arga yang jalannya ngondek kan, gue kenal’”. Gue langsung mencontohkan dialog ala gay yang sedang bergosip, nggak ketinggalan pakai gaya ngondek. “Nah gitu lah Ban,” gue mulai membiasakan diri memanggil sobat gue dengan sapaan Ban. “Jadi biarkan nama Arga itu untuk kehidupan normak kamu. Elu bisa ngeles keq dengan nma panjangnya Bani.”
“Ogah banget dech.... kalau semua orang tau kalau gue gay. Emang bener juga ya apa yang elo omongin. B-T-W koq elu tumben pinter? Biasanyakan elu jongkok IQ-nya,hahaha” masih aja dia ngeledekin gue.
“Iye...mentang-mentang elu masuk UGM jadi pinter.” Gue mendengus kesal. “Tapi sepakat gak dengan nama Ben dan Ban. Masa ia diajalan kita panggil BENCONG....BANCI,” gue memekik dikata bencong dan banci ditambah gaya ngondek.

Arga terdiam nggak langsung jawab usulan gue. Mungkin dia sedang menimbang-nimbang ide konyol gue yang kesekian kalinya. Bisa juga dia lagi nyari nama yang pas untuk namanya sendiri dalam dunia perhomoan. Gue tau, Arga adalah tipe orang yang pemikir dan penimbang maklum dia anak hukum. Gue anak komunikasi lebih yang ceplas ceplos.

“Gue sepakat dech... gue panggil elu Ban dan elu panggil gue Ben.” Arga mengangguk menyanggupi usulan gue. “Tapi.....” Ben ingin menambahkan sesuatu tapi kayaknya lebih kepada ancaman. “Tapi elu kalo manggil cukup dengan Ban aja nggak perlu Ci-nya diikut disambung.”
“Ok Ban....Ci,hahahah.” Gue tertawa puas menggoda dia.

Sejak itu gue sama dia sepakat mengganti nama dengan Ban dan Ben. Hal itu utuk menutupi identitas asli kita. Gimanapun juga kita harus tetap waspada di dalam dunia perhomoan, sapa tau orang yang kita kenal dan ember. Buat jaga-jagan aja sih melindungi kita dari hal yang nggak di inginkan. Kita juga nggak maukan sampai kelurga tau kalau kita gay.

telah terbit buku bertema Gay yang berjudul #Kamuflase, untuk pemesanan klik sini dijamin gak rugi dech kalau udah baca. TEMUKAN IDENTITASMU DENGAN KAMUFLASE

No comments: