Thursday 15 September 2011

merantau


merantau? apa yang ku dapat?
banyak banget yang aku dapat. bulan sepetember ini tepat tujuh tahun aku merantau. dari sebuah kota kecil pindah ke jogja kota gak begitu besar. banyak kenangan selama aku merantau. belajar banyak hal tentang kehidupan dalan kesendirian ku.

waktu pertama ngekost aku inget banget bingung cara nyuci baju tuh kayak gimana,hahaha akhirnya aku telpon mamah. belum lagi aku tinggal di pinggiran jogja yang dan gak bawa motor. aku sempat berfikir aku pulang saja, mending aku tinggal di brebes lebih di kota dari pada disini. namun aku inget tujuan utama ku untuk kuliah dan belajar tentang kehidupan. gimana rasanya jauh dari rumah semuanya serba keterbatasan.

satu tahun di rantau aku bener-bener gak betah homesick. gak bisa kemana-kemana. namun akhirnya aku mulai terbiasa. aku dapetin temen yang sekarang kayak keluarga, walau sekarang udah terpisah semua tapi persahabatan itu masih ada. itu yang buat aku betah.

aku gak ada motor akhirnya aku mencari membiasakan naik bus umum yang busuk atau nebeng atau pinjem motor menjadi suatu yang flexibel,hehehhe. ku gunakan ketiga cara itu. alhamdulilah temen ku baik-baik ada yang mau memberikan ku tebengan tau pinjem motor. namun sekarang aku rindu untuk naik bus umum, sudah lama banget aku gak pergi2 pakai bus umum.

yang aku dapetin dari merantau adalah gimana susahnya mengatur keuangan, akhir bulan jadi momok menakutkan karena gak punya duit,hahahaa. namun aku berusaha gimana caranya biar gak ngutang ke temen. akhirnya ya aku kalau udah menipis pindah ke tempat temen yang asli brebes jadi uang makan gak keluar. cari traktiran gitu lah,hahahaha.

jatuh bangun sama temen kost. waktu pertama ngekost aku seorang anak yang autis, anti sosial bener2 yang gak kenal siapa2 temen kost ku. pada akhirnya aku kepentok aku sakit gak tau mau minta tolong sama siapa. akhirnya aku pindah kost mencoba mengakrabkan diri sama temen2 kost. tapi ternyata terlalu akrab dengan temen kost juga gak enak. aku masih pengen punya sisi privacy kadang agak terganggu juga.

tapi dengan akrab sama temen kost bisa ada yang bantuin kalau lagi kesusahan. bisa gokil-gokilan bareng. kita saling sharing dengan minta pendapat. ya temen kost adalah orang terdekat kita. gak ada mereka juga suntuk.

jauh dari rumah ada enaknya ada gaknya. gak enaknya kalau mau makan harus cari dulu keluar. enaknya bisa bebas ngapain ajah,hehehehe tapi ngeri juga kalau udah lost control. aw aw aw aw.

No comments: