Saturday 28 July 2012

Tercengang

Sumpah tercengang banget sama bukunya Valant Budi yang judulnya JOKER. Sebernya itu buku tentang binan tapi disampiakan secara ekplisit dan gak kentara banget kalo itu buku binan. Dari penggambaran tokohnya, alurnya ceritanya dan konfliknya. Dari awal sampai mau ending gak satu pun menggambarkan adegan cerita tentang binan, semunya berjalan normal. Klimaksnya pas di bagian akhir, barulah ketahuan binannya,hahahha. Beda banget sama novel Lelaki Terindah atau Pria Terakhir dari awal sampe ending certinya binan terus, ya emang novel binan kali ya.

Well, sebenernya cerita novel ini simpel aja tentang pemberontakan diri sendiri apakah "gwe" mau jadi binan terus atau mau "sembuh". Konflik batin ini diperankan oleh dua individu yang berbeda tapi dalam satu raga. Diceritakan dari sisi "gwe" yang normal dan dari sisi "gwe" yang sekong. Banyak banget quote2 yang buat kita semua mikir beribukali apakah akan jadi "toilet umum" terus? pokoknya banyak pelajaran hidup sebagai binan di novel ini.

Menjadi binan punya banyak warna antara diri sendiri, diri sendiri dengan kehidupan normal, diri sendiri dengan ke abnormalnnya. Absurd banget untuk mejelaskan konflik mereka terhadap lingkungan sekitarnya. Tetapi semua kembali ke binan itu sendiri gimana menjadli kehidupan abnormalnya untuk berjalan normal. Semua itu seakan mempunyai kepribadian ganda. Mau bukti? coba aja sendiri jadi binan,hahahhahah

No comments: