Thursday 21 May 2015

MenLi

foto diambil dari film Iron Ladies
Hari ini Ban tumben ke kost gue. Katanya mumpung lagi nggak ada kuliah pengen liburan di kampus gue. Hhmm gue curiga nggak mungkin donk sekedar liburan, pasti ada yang lain-lainnya. Gue pernah cerita ke dia kalau ada beberapa temen terindikasikan gay. Ban langsung dech semangat pengen bertadang ke kampus gue.

Gue baru kuliah jam 11an tapi Ban udah dateng dari jam 7. Setan mana yang bisa merasuki Ban, bisa bangun bangun pagi apalagi sampai kelayaban dipagi buta. Alasannya sih abis anter adiknya sekolah, padahal antara kost gue sama sekolah adiknya berlawanan arah.

“Ben....elu koq masih tidur aja sih? Udah siang tau. Bangun!!” Ban mengguncang badan gue yang masih terkapar di kasur.
“Gue udah bangun Ban....” Gue merenggangkan bokser untuk meihat isi dalemnya yang emang sedang “bangun”, efek morning wood.  “Mau liat?”
“Najissss.......” Ban melempar bantal ke arah selangkangan gue. Tapi gue sempat berkelit jadi lemparan Ban meleset.
“Eh beneran temen elu itu ada yang sekong juga?” tanya Ban menyelidik.

Tuh kan bener apa dugaan gue. Dia kesini cuma kalau ada maunya aja. Apalagi sifat penasaran dia besar banget, dibela-belain ke kost gue hanya untuk memastikan kalau temen gue gay. Gue yakin Ban pasti mau tebar pesona dihadapan cowok penghuni kampus gue.

“Terus elu mau ngecengin mereka?”
“hehehehe,” hanya gelak kecil dan senyum simpul yang menjadi jawaban Ban. Itu sudah cukup menandakan Ban ke kampus gue mau ngecengin cowok-cowok gaul. Anak-anak  yang kuliah di kampus swasta emang terlihat lebih gaul dan modis, tapi sebaliknya di negeri banyak yang cupu tetapi otaknya banyak encer.
“Gue udah nebak niat elu.”
“Gue kan jomblo dari berhak donk ngeceng, sapa tau dapat cowok di kampus elo.” Dengan santainya Ban ngomong kayak gitu. Emang sih Ban lagi HBL akut, dan perlu dibelai segera.
“Tapi nggak perlu sejablay gitu juga keleus,” cetus gue dengan santai meledek Ban.

Ban nggak menggubris. Dia malah mengeluarkan beberapa aksesoris dan peralatan dandan lainnya. Entahlah apa yang akan dia perbuat, tampaknya dia bakal all out ngeceng di kampus gue. Bagi Ban dimana saja bisa jadi ada kesempatan perlu diperjuangkan.

“Ben....” Ban manggil gue dengan gaya centil. “Gue keliatan manly kah?” Ban berdiri di depan kaca dengan gaya yang menurut dia manly. Badan ditegapkan, sesekali tangannya dibuat siku ke atas. Tanpa ketinggalan senyum paling manis yang Ban punya.

Kalau kalian sendiri pasti bakal ngakak liatnya. Tapi gue sebagai sohib yang baik berusaha sekuat tenaga dan kemampuan menahan tawa, walaupun pada akhirnya perut gue keram nahan tawa dan pup. Emang dech sahabat gue yang satu ini ajaib. Gimana pun juga gue tetep seneng punya dia, disaat kaya gini gue butuh hiburan dia datang menghibur dengan kekonyolannya.

“Ban.... elu ngapain pake kalung rantai gitu?” Gue nunjuk Ban yang sedang melilitkan kalung rantai yang panjang di leher.
“Biar keliatan cowok donk..... masa iya mau pakai kalun bling-bling. Di rumah ada tuh bertahtakka berlian,” balas Ban dengan congkak.
“Kampus gue bukan tempat preman Ban..... copot gih. Atau mau gue tambahan tali?” gue menyeringai dengan bengis. Sambil membayangkan ada tali dikalung Ban lalu gue tarik kemana saja gue pergi. Nahh lohh.....”Terus ngapain juga pakai jaket kulit di summer kayak gini? Yang ada kamu berasa sauna. Meskipun kampus gue di tengah sawah tapi tetep aja berasa panas.”
“Biar keliatan manly,” balas Ban dengan tangkas dan masih sibuk dengan dandannya.
“Terserah elu aja dech....,” gue nyerah. Gue masih ngantuk jadi males untuk berdebat panjang lebar.

Gue baru tidur jam 3an gara-gara diajak dugem sama Ban. Dia emang lagi keblingsatan cari pacar, tentunya yang lakik. Gue juga nggak ngerti energi dari mana pagi-pagi buta Ban udah nyampai di kost gue. Perasaan gue aja baru merem, eh dia udah nongol. Tentunya kedatangan dia mengganggu acara tidur pagi gue. Tapi nggak apalah biar di kamar gue ada suara-suara, selain suara hp gue.

“Ben.... kalau kayak gini gimana?” Sekali lagi Ban menganggu tidur gue. “Bagus nggak?”
Terpaksa gue melek. “OMG, ini Banci atau Lekong?” kelakar gue, terpesona melihat keajaiban Ban. Gimana nggak takjub, rambutnya digel sampai jabrik model spyke. Di bawah mata dikasih eyeliner hitam. Gue tahu maksud dia model gothik tapi kenapa harus pakai bedak tipis.
“Koq kamu gitu sih?” Ban cemberut mendengar candaan gue.
“Iya maap. Tapi nggak gitu juga kali.”

Kali ini gue bangun beneran. Gue nggak tega ngeliat Ban sampai segitunya banget. Setelah ucapan gue, Ban telihat lesu dan nggak sesemangat tadi pagi. Dia duduk di pojokan dengan lesu.

“Elu pakai kemeja dan celana panjang denim biasa aja juga udah bagus koq, keliatan cowok. Kalau elu pakai long dress dan high heels barulah keliatan cewek.hehehehe,”
“Semprul emang gue homo apaan?hahahaha,” Ban ikut tergelak. “Tapi bener kan kalau aku pakai kemeja biasa aja keliatan lakik?”
“Mau gue pakein daster biar elu keliatan emak-emak? Hahahhah,”
“Ngaco!!!!”
“Kenapa sih lu Ban? Kayaknya ngebet banget pengen jadi laki. Padahal elu tuh udah cowok,” gue tanya serius. Ada sesuatu yang mengganjal di sanubari Ban, selain dari kejombloan ngenesnya.

Ban terpekur sendiri. Mungkin sedang mencari-cari kata yang tempat untuk memulai sesi “melacur” (melakukan curhat). Kita nggak bisa memaksa orang untuk curhat, biarkan dia menenangkan hatinya dulu, lalu kita dengar dulu.

“Nggak apa sih,” Ban menghembuskan nafas panjang. Gue tau pasti akan ada lanjutannya. “Tapi.... gue fashion yang gue punya kurang lakik.”
“Dari pertama gue liat udah lakik koq. Elu nggak pernah pernah pakai rok, dress, kemben atau sebangsanya itu,heheheeh.” Gue terkekeh, biar Ban nggak desperate.
“Tapi elu tau sendirikan baju yang gue punya?”
“Iya koleksi elu kaos model V Neck, dengan berbagai macam warnanya elo punya semua.”
“Nah.... elu tau juga kalau kaos model V neck itu........,” Ban enggan melanjutkan lagi omongannya. Gue tau maksud dari Ban.

Dan gue juga masih belum tau kenapa kaos model V neck dipersepsikan sebagai fashion homo banget. Ada yang tau jawabannya? Mungkin ya bagi gue atau homo yang lain kaos V neck  itu agak kecil terkesan ketat. Bagian V itu menonjolkan dada. Kaos kayak gini difaforitkan buat cowok-cowok yang berbadan muscle. Seperti biasanya homo pasti ingin pamer badan bagus untuk menggaet sesama jenisnya yang homo atau yang bukan. So kaos V neck adalah pakaian “kebesaran” homo.

Tetapi masyarakat Indonesia dan khususnya dikalangan homo itu sendiri. Sesuatu yang terlihat homo banget bisa dikatakan ngondek. That right?! Hanya kalian yang bisa menilai. Cobain aja perhatikan cowok yang pakai V neck apakah sepeti itu juga atau tidak?

“Gini aja sih. Kalau kamu emang nyaman dan pamor kamu ada disitu ya pakai aja. Sebenernya fashion itu diciptakan untuk memperindah manusia, selain menutup aurat. Indah bukan berarti cantik tapi terlihat ganteng atau diantara keduanya. Sekarang tinggal kamunya aja mau digimanain fashion kamu.” Gue berusaha bijak padahal gue nggak ngerti sama sekali tentang fashion yang gue tau tentang asumsi dari beberapa fashion yang katanya menujukan suatu “identitas” gay.

“Jadi gue boleh ya pakai V neck warna pink ini?” Ban menjembrengkan kaos yang telah dikeluarkan dari tas.
“Boleh, tapi jalan 10 meter dari gue,hahahhahha.”

Keadaan kembali kondusif setelah keriweuhan Ban ngurusin fashion dan pada akhirnya Ban tetep pakai kaos V neck warna abu-abu, kalau itu bisa dimaklumin karena abu-abu itu warna netral. Semoga saja dia pun terlihat “netral”. Gue pun lekas mandi, biar segar meskipun masih agak lama juga jam kuliah mulainya.

Gue kaget banget pas keluar dari kamar mandi. Gue mendapati Ben lagi berjalan bolak balik. Cara jalannya pun ngangkang. Masih inget cara jalan Ban waktu di sunmor UGM? Kalo lupa atau nggak tau gue ajak klik sini. Jalannya persis kayak orang abis sunatan, kaku banget, mana pake ngangkang gitu.

“Elu abis sunatan lagi?” tanya gue heran.
“Nggak,” jawab Ban sambil lalu masih berjalan ala manly. “ Gue lagi belajar jalan.”
“Jalan manly?” tanya gue, yang masih cengok liat cara jalan Ban. “Please dech!! Cara jalan mu itu kaya orang abis disodomi,hahahahah.” Gue tergelak kepingkal-pingkal.
“Ahh rese lu ah....” Ban menghentikan aktifitasnya. Kembali duduk lagi.

Gue sendiri bersiap-siap pakai baju kuliah. Cukup dengan kemeja biasa ditumpuk kaos tipis. Lalu celana panjang denim biasa, bukan yang pinsil. Gue orangnya yang simpel aja nggak mau ribet sama urusan fashion, mana yang menurut gue nyaman pakai saja.

Curi-curi pandang gue ngeliat Ban lagi selfie pakai smartphone. Gayanya kepala sambil miring-miring dan senyum centil. Untungnya Ban nggak punya poni, coba dech kalau dipasang poni, udah mirip banget kayak di acara tv musik pagi hari di RCTI.
“Icchhh ngondek banget sih gaya mu itu,” ucap gue dengan santain pas ngeliat gaya selfi Ban.
“Tuch... kan gue ngondek beneran ya?” tanya Ban serius, sambill melihat lekat-lekat ke gue.

Gue harus gimana? Kalau jujur berarti gue menyakitin hati dia. Bohong juga pilihan salah, gue malah memperdalam kengondekannya. Apa yang harus gue pilih? Gue harus tenang untuk menjawab seperti ini.

“Emang ada yang salah ya kalau ngondek?” tanya gue pelan biar nggak membuat suasana semakin drama.
“Ya ada donk. Elu kan tau sendiri dunia perhomoan kayak gimana, apalagi yang udah dicap ngondek pasti bakal dapat diskriminasi sama pelaku gay rasis. Dunia straight juga menganggap yang ngondek adalah banci,” cetus Ban panjang lebar tentang masalah yang dihadapi orang ngondek.
“Kan elu emang banci,” gue tergelak untuk mencairkan suasana. “Ban... nggak ada yang salah elu ngondek atau manly. Elu tuh tetep temen gue.”
“Iye... kalau gitu temen gue cuma elu aja gak bisa temenan yang lain,” balas Ban mulutnya masih monyong.
“Sekarang gini dech menurut kamu manly seperti apa?” tanya gue yang masih serius. Gue merasakan Ban sedang mengalami krisis percaya diri.

Ban terpekur, kepalanya menunduk memandang jari-jari kaki. Dia sedang mencari-cari kata yang tempat untuk mengartikan kata manly yang sesuai dengan isi otaknya.

“Menurut gue.....” Ban memulai omongannya tapi dia masih ragu untuk mengatakan lebih jauh. “Manly itu orang yang gagah, berbadan tegap dan bagus. Kalau jalan nggak goyang-goyang. Ngomongnya lugas, nggak berlagu, suaranya berat nggak cempreng.” Ban menutup pidatonya dengan suara di bas-in.
“Oke kalau menurut kamu seperti itu.” Gue duduk di sebelah Ban agar secara bisa biacara dari hati ke hati. “Sekarang gini dech. Ada orang yang cakep dan gagah difoto. Ditelpon suaranya ngebas dan lugas. Tetapi saat ngajak ketemu kamu, tapi dia cuma lihat kamu dari jauh dan kabur begitu saja. Apa itu disebut manly?”
“Ya nggak juga sih....”  jawab Ban ragu,
“Ada seseorang lagi yang menurut kamu gagah dan berbadan bagus. Tetapi ketika ada masalah dia malah bersembunyi dan menunjuk seseorang untuk dijadikan kambing hitam.” Lanjut gue lagi. “Tapi ada seseorang yang kata kamu itu tangannya melambai, kalau ngomong mirip cewek dan cempreng, kalau jalan bokongnya geal geol. Tetapi dia orang yang terdepan membantu kamu menghadapi masalah atau orang yang berani ngelabrak orang yang kecewain kamu. Apa itu bisa disebut manly?” tanya gue lagi dengan menjabarkan dua kasus yang berbeda tapi sama-sama menanyakan mana yang lebih manly.

Ban nggak langsung menjawab. Dia masih menimbang mana yang sebut manly sebenarnya. Apakah yang berbadan besar tetapi seorang pengecut atau yang berperilaku ngondek tapi punya jiwa satria.

“Ban..... buat gue, elu tuh manly elu bisa menghadapi masalah yang dihadapi. Elu tuh orang yang tanggung jawab. Berani sama orang yang menindas elo. Selalu orang yang terdepan membantu gue ketika ada masalah,” kata-kata gue menghibur Ban yang sedang galau. “Meskipun elu berjalan geal geol, berkaos V neck, tangah melambai dan kalau ngomong bernada, elo itu manly.”
So sweet banget sih.....” Ban memeluk gue. “Tapi nggak semua orang kayak elu, yang bisa menerima orang ngondek.”
“Mereka yang nggak nerima orang ngondek itu biasanya adalah newbie atau homo denial. Masih memandang homo dari fisik saja. Bukan memandang orang dari sisi lain padahal orang itu punya sisi kebaikan dan kecerdasan. Mereka juga belum mengenal dan mendalami dunia perhomoan sebenarnya,” ucap gue untuk menghibur Ban yang masih gamang. “Liat aja temen-temen kita yang sudah expert atau newbie tapi sudah “nerima” mereka fine-fine aja sama yang ngondek.”
“Tapi gue penge straight act!” cetus Ban dengan nada tinggi.

Gue nggak langsung jawab karena gue sedang cari jawaban yant tepat. Gue juga tahu apa yang Ban rasakan. Dia berusaha untuk diterima dan nggak dilecehkan oleh teman normal dan teman gay-nya. Hampir semua gay yang ngondek atau nggak pasti akan berusaha straight act.

“Gaya yang selama ini kamu lakuan sudah straight act.” Gue mencoba menjawab dengan bijaksana. Gue mengambil nafas untuk melanjutkan ngomong. “Ban, straight act yang bisa kamu lakukan adalah jadi dirimu sendiri, ya begini adalah gaya elo. Sekarang gak usah dengerin apa kata orang, kalau elo sudah nyaman bisa seperti ini ya terima saja dengan ikhlas. Ini adalah ciri khas elo. Okelah kamu ingin straight act tapi gue yakin ngga bisa tahan lama, elo akan capek sendiri. Gaya normal adalah gaya elo menjadi diri sendiri.” Gue menutup pidato dengan berlagak sok centil mengikuti gaya Ban.
“Terus yang sok manly? Mereka adalah orang yang kasihan. Nggak bisa menjadi dirinya sendiri dan nggak percaya diri akan kemampuan yang mereka punya. Mereka ingin diakui dan diterima tetapi dengan menjadi orang lain. Padahal kalau mereka bisa membuktikan, akan dapat tempat dan penerimaan yang layak juga.” Gue mengakhiri dengan tepukkan di pundak Ban agar lebih percaya diri. “Oh ya. Sebenarnya nggak ada yang salah dengan ngondek. Namun di masyarakat kita termasuk homo-homonya menganggap yang ngondek itu sama aja waria, bagi mereka sangat mengerikan. Padahal itu suatu yang berbeda.” Lanjut gue, mumpung masih inget jadi lebih baik ditambahkan juga.

Dari tadi gue ngeliat Ban hanya manggut-manggut saja. Sepertinya dia sedang terpesona dengan kecerdasan pidato gue. Gue sih berharap dia mendapat pencerahan dan bisa lebih percaya diri untuk menjadi diri sendiri. Kalau menurut gue sih ya Ban bukan orang yang ngondek dari segi gaya tapi dia kurang percaya diri aja.

“Jadi manly itu relatif ya?” Ban mengambil kesimpulan. “Manly adalah sikap pria yang bisa bertanggung jawab atas masalahnya dan apa yang sudah sedang dijalani. Bisa memegang omongannya, berikap pemberani dalam menghadapi sistuasi.
“Menurut versi gue ya, manly itu kata sifat seperti yang tadi elu omongin. Sedangakan kata bendanya adalah menggunakan kata maskulin yang lebih tepat, cowok yang tampang cakep bereperawakan gagah, bersuara berat, berbadan tegap nggak melambai.”
“So, orang maskulin belum tentu manly?” Ban kembali menyimpulkan sesuatu. “Ngondek pun sebenarnya bisa punya sikap manly? Eh kalau di gym juga banyak tuh body muscle tapi tangannya melambai, ngomongnya pake bahasa planet. Kalau angkat barbel jarinya lentik kayak sedang bedakan,hahahaha”. Gue tergelang dengan kencang membayangkan cowok yang berbadan kekar gayannya ngalahin ibu-ibu arisan. Ban pun ikut tergelak.
“Betul banget.” Gue mengacungkan kedua jempol kepada Ban. “Kita nggak ada yang mau untuk menjadi ngondek, karena ngondek sejatinya adalah kelebihan hormon progesteron dan kelebihan kromoson X. Pada dasarnya setiap manusia itu diberi kelebihan dan itu anugrah, nggak usah berkecil hati, kamu bersyukur kamu bisa melihat “dunia” dari berbagai sisi. Gue yakin, orang ngondek lebih lues dalam bergaul mereka punya banyak teman, karenapa apa? Karena mereka tau caranya memperlakukan orang.”

So buat kita yang sama-sama gay jangan lah memandang mereka yang ngondek sebagai alien. Mereka itu sama seperti gay yang lain. Kita sudah jadi alien di mata masyarakat jangan membuat sub alien lagi. Kaliang nggak maukan dianggap alien? Kita bersahabat dengan siapa saja saling melengkapi dan membantu.

“Ben....akika lapangan, kost yei tinda adinda makan ya? makassar yuk cin di kantin,” ajak Ban yang mulai kumat menggunakan bahasa planet.
“Elu MenLi dech.....,” gue senyum jahil ke dia.
“Bisa aja lu Ben. Gue emang selalu manly.”
“Maksud gue MENTEL SEKALI......!!!”


Gubrag!!!

TELAH TERBIT BUKU BERTEMA GAY DI JUAL SECARA ON LINE. UNTUK PEMSANAN KLIK SINI. UNTUK MENGETAHUI REFRESSINYA KLIK SINI. DENGAN KAMU FLASE TEMUKAN IDENTITASMU

No comments: