Tuesday 31 March 2015

BERDAMAI PADA DIRI SENDIRI

Nrimo

Saat ini gue masih ada di rumah Arga. Meratapi kesedihan gue, berdasarkan pada jawaban dari pertanyaan kalau hasilnya gue dan Arga adalah gay. Kita masih belum percaya. Setidaknya belum yakin. Masih ada perlu pembuktian lagi, yang kemarin masih berdasarkan teori semata yang nggak valid dan terkesan asal-asalan.

Hari Minggu, seharunya gue masih males-malesan di kamar Arga. Jam menunjukkan jam 5 pagi. Seperti biasa tiap pagi pastinya sholat Subuh buat curhat sambil nangis sesenggukan minta petunjuk dari Tuhan agar gue ke jalan normal. Gue ngeliat Arga masih nyenyak tidur. Gue jadi heran, tadi malem dia lebih galau dari gue koq bisa tidur dengan ayem gitu.

“Ga.... bangun donk,” gue menggoyang-goyangkan tubuh Arga.
“Hemmm,” Arga cuma berdehem, lalu melanjutkan molornya lagi.
“Ga ayo bangun, katanya mau ke sunmor UGM.” Gue kembali menggoyankan badan Arga lebih kencang samapai dia ngglundung.
Kayaknya dengan terpaksa Arga melek. “Bencong..... ini hari minggu, ngapain juga ke kemapus gue. Masa tiap hari ke kampus, emangnya gue satpam.” Arga malah menarik selimut.
“Heh waria..... hari ini bukan elu mau kuliah tapi kita punya misi.” Gue mulai ngomongin rencana apa yang akan dilakukan. Gue menarik selimut Arga.
“Apaan sih?” Masih ngucek-ngucek mata Arga ngedumel.
“Elu masih belum yakin kan kita gay?”
Dengan tangkas Arga memotong omongan ku yang belum kelar. “Kita? Elu aja kali yang homo. Gue.....”
“Iya gue homo, elu yang homdek, homo ngondek,” timpal ku secepat dia nyerobot omongan. “Gini loh.... kita buktikan kalau kita bukan homo. Kita ke sunmor liatin cewek-cewek cantik.
“Sekarang?” Arga langsung semangat mendengar ide ku. Dia langsung bangkit dan siap-siap.

Gue juga ikutan siap-siap. Berhubung air masih dingin jadi membatalkan untuk mandi. Cukup sikat gigi aja. Meskipun kita udah jelek jangan sampai bau nafas, bikin ifeel orang tau! Dalam hati gue bertekad, gue pasti normal!! Masih suka sama cewek apalagi yang cantik dan seksi. Nggak mungkin gue sampai sekong. Anggap saja yang kemarin adalah suatu kekhilafan dan nggak boleh dilanjutkan lagi. mulai saat ini takdir akan berubah!! Itulah retorika gue dalam hati

Gue nebeng Arga, pertama gue gak punya kendaraan pribadi dan yang kedua Arga orangnya baik hati yang selalu nggak keberatan mobilnya ditebengin. Alasan lainnya, Arga emang butuh gue buat nemenin dan menjadi saksi kalau dia emang cowok normal, suka sama cewek.

Cukup dengan perjalanan 15 menit dari Tamsis menuju UGM. Tujuan kita berikutnya adalah joging di samping barat lapangan GSP. Tempat biasanya orang joging atau main bulu tangkis. Disitulah tempat yang tepat untuk ngecengin cewek yang lagi joging dan belum mandi, gue yakin itu karena kebanyakan dari mereka adalah mahasiswi secara kasat mata cantik, setelah di dekati bau parfumnya  ngalahin pecun lagi jualan padahal cuma buat menyamarkan bau iler.

“Cong.... lihat tuh disebelah elu ada cewek cantik.” Arga melirik ke samping kanan gue.
“War, lebih baik kita manggilya pakai nama beneran kita dech. Kalau kita tetap pakai Cong dan War, yang ada mereka kita tuh emang bencong sama waria beneran.” Ucap gue serius, tapi dengan kecanganya Arga tergelak. “Terus kita harus manly.”
“OK!! Kita harus manly,” tutur Arga dengan semangat. Lalu dia ngeloyor pergi melanjutkan jogingnya. Stop!! Bukan joging tapi lebih tepatnya jalan yang dicepetin.
Gue terengah-engah menyusul Arga yang udah jalan duluan. “Ga..... Arga...” gue panggil Arga yang sudah nggak jauh dari gue. Dia juga berhenti. “Ga yang gue liat itu elu kayak orang sunat lagi jalan.”
“Eh ini gaya jalan manly yang paling update,” gue tau Arga itu cuma berkilah. Sambil lalu dia melanjutkan jalannya.

Jalan manly gaya Arga itu. Wajah menghadap lurus, padangan  matanya juga ke depan, nggak pakai senyum-senyum katanya agar keliatan cool. Kaki di buka agak lebar lalu ayunkan kaki dengan tegap. Usahakan pinggul tidak ikut bergoyang. Tangan di ayunkan sewajarnya saja, kalau bisa tangan terkepal. Lakukan saja dijamin nggak bakal terlihat ngondek. Malah keliatan orang sunat yang lagi mikirin besok makan apa tanggal tua kayak gini. Hasil lainnya adalah beberapa orang yang ngeliatin Arga malah jadi senyum-senyum geli ngeliat cowok sok manly, padahal mentel sekali.

Setelah perjalanan yang melelahkan, buat gue jalan 15 menit itu capek karena nggak pernah joging. Gue anggap ini juga bukan joging, karena misi gue ke sini emang bukan joging. Ini cuma pura-pura joging #Catet.

“Ga tuh ada cewek cantik disebelah lu, gebet sana,” gue nyuruh Arga untuk beraksi.
“Nggak ah, buat elu aja. Gue lebih suka cewek rambut panjang.” Arga menunjuk cewek yang sedang lewat di depannya, sambil tersenyum ke cewek itu. Bukannya dapat balasan, cewek itu malah melengos. Gue tergelak melihat kejadian itu. “Maksud gue itu di seberang sana,” Arga kembali berkilah.
“Ya udah langsung pepet aja Ga.” Gue mendorong Arga.
“Eh elu ya nyebelin banget. Bukannya elu tadi pagi yang semangat 45 cari cewek. Koq sekarang malah, nyuruh gue.
Skakmat dech... gue langsung cari asalan yang mujarab. “Gue belum dapet mana yang gue suka,” kali ini gue yang ngeles.

Setelah sampai sini rencana gue berubah total. Pasalnya disini terlalu banyak cowok yang maskulin dari pada cewek yang menggoda. Jadi mata gue lebih seneng ngeliatin cowok-cowok itu, nggak ada minat sama sekali untuk memikirikan cewek. Tapi gue masih jaim di depan Arga, karena kalau sampai dia tau, gue berubah pikiran bisa disunat yang kedua kali sama dia.

“Emang cewek yang kamu suka seperti apa?” tanya Arga, sambil mengedarkan pandangannya. Gue yakin dia pasti lagi liatin cowok yang sedang main bola.
“Hmmmm,” gue lagi pura-pura mikir membayangkan cewe idaman gue. Padahal gue lagi mikir gimana cara ngibul berikutnya. “Gue suka cewek berjilbab.”
“Kalo gitu ngapain elu pagi-pagi ke sini? Noh..... mana ada yang berjilbab. Mending elu balik ke kampus elu sendiri,” Arga sedang ngedumel sendiri.  Gue Cuma bisa nyengir sendiri.
‘Tuh Ga ada cewek toketnya montok.” Gue nunjuk cewek yang sedang duduk di trotoar.
“Mantep banget tuh buat di remes,” Arga sedikit menjulurkan lidahnya seperti mupeng (muka pengen).
“Gede nggak yah punya dia?” tanya gue polos sambil ngeliat tuh cewek, dan mengabagaikan orang-orang di sekitar cewek itu duduk.
“Bulunya lebat,” kata Arga dengan tatapan serius tanpa kedip.
“Hah berbulu?” Gue jadi bingung sendiri dengan omongan Arga. “Ga... mana ada toket berbulu.”
“Kayaknya besar dech, liat dech selangkangannya jendol gitu,” balas Arga yang nggak nyambung dengan pertanyaan ku.

Gue langsung mengedarkan pandangan di sekitar coewek itu. dan ternyata ada cowo macho lagi istirahat setelah joging. Wah nggak beres nih anak, ternyata sama aja kayak gue. Ngga konsisten. Ternyata cewek bertoket montok dikalahkan oleh cowok berbadah gagah.

“Ganteng pula Ga, sana gih samperin......” gue bisikin Arga.
“Yuk...” dia sudah siap menggandeng tangan gue.
Dengan sadisnya gue malah jorogin dia sampai terjerembab. “Nahh... lohh...ketahauan elu malah liatin cowok. Emang dasarnya elu homo,” gue tergelak terpingkal-pingkal.
“Dasar bencong lu ah......” dengan kesal Arga nimpukin gue pakai kerikil yang ada disekitarnya.

Kesimpulannya misi pagi ini kita gagal. Tempat ini buka yang cocok buat kita tobat kembali kejalan yang benar menyukai cewek. Tapi malah semakin jadi suka sama cowok. Apalagi cowok ganteng yang berseliweran kesana kemari dengan kaos tanpa lengan memamaerkan otot bishep ditambah bulu ketek yang menggoda. Meskipun nggak dapatkan hasil setidaknya hormon Endorphin gue kembali mungkin meningkat gara-gara dapat hiburan ngeliatin cowok ganteng dan seksi bertebaran di GSP. Nampaknya Arga juga turut berbahagia.

Setelah sarapan lontong sayur dan mendapat suguhan pertunjukan ngamen transgender akhirnya kita pulang. Gue masih ingin di tempat Arga dulu. Gue takut kegalauan gue kambuh. Kalau ada Arga kan mending kita bisa galau berjama’ah. Sepanjang siang kita cuma glundang glundung di kamar. Paling sesekali turun cuma buat makan.

Hal yang gue takutin terjadi juga, gue mulai galau lagi, mikirin kalau gue orang normal sama kebanyakan orang lainnya. Gue liat Arga lagi nonton DVD, sebenernya gue ikut nonton juga tapi tetep aja nggak konsentrasi.

“Cong....,” Arga manggil gue dengan pelan.
“Apa Ci?” kue nanggapi dengan malas.
“Koq Ci?” tanya Arga balik tanpa menjawab pertanyaan gue.
“Kalau waria kesannya kasar. Jadi gue ganti Banci aja.” Gue terkekeh.
“Sialan,” gerutu Arga sambil menggebug guling ke badan gue. “Cong, gue nggak mau jadi homo,” nada suara Arga terdengar putus asa.

Jadi kita emang lagi sama galaunya kambuhe. Tapi Arga lebih dulu menampakkan kegalaunnya. Sebagai sahabat yang baik gue berusaha menenangkan dia. padahal gue sudah menuju tahap gila memikirkan dan menyangkal kalau gue gay.

“Ga.....” Gue mulai menanggapi curhatan Arga, tapi gue belum nemu sesuatu yang tepat untuk menenangkan dia. “Ga.... gak ada yang mau kita jadi homo, termasuk gue. Atau sekalipun Koh Masaki.”
Arga jadi tergelak mendengar kata Koh Masaki. “Bencong, jangan samakan dengan artis bokep donk, yang uptodate donk,” protes Arga.
“Gue nggak ngerti artis mana yang homo. Gue cuma tau dia aja. Dia kan tetep aja cowok kan yang kebetulan berprofesi sebagai artis bokep. Emang dia mau jadi artis bokep. Sama aja kayak kita. Emang mau jadi homo?”
“Tapi kenapa gue Cong, kenapa nggak elu aja yang homo,” Arga mulai dech lebay sok histeris.
“Banci! kalau elu S-T-R Delapan (dibaca straight), elu nggak mungkin kenal gue.” Kali ini gue balas nimpuk Arga dengan pulpen. “Gue juga nggak pengen kayak gini. Gue pengen bisa menyukai cewek. Dan gue yakin pasti masih bisa. Tapi.......” gue berhenti ngomong karena nggak tau mau melanjutkan apa lagi.
“Gue masih pengen punya istri dan anak. Gue pengen bahagiakan orang tua gue.” Kali ini nada bicara Arga serius. Gue tau ini bukan main-main lagi.

Kita semua terdiam, termenung memikirkan penyangkala ini. Kita masih yakin kalau ini adalah kesilapan sementara. Tetapi semakin kita pikir, nggak ada ujungnya. Adanya kita semakin desperate memikirkan gimana caranya balik suka cewek. Hasilnya nihil!!

“Ga, gini dech.... coba elu ingat. Kenapa suka cowok?” gue nggak ngerti kenapa gue punya pertanyaan itu. Sebenernya gue ada suatu pemikiran di otak gue tapi entah kenapa gue nggak bisa ngungkapin.

Arga duduk, lalu bergeming. Dia sedang memikirkan kejadian lampau. Dia berusaha mengingat momen dimana menyukai cowok. Termasuk gue pun ikut flash back. Yang muncul dalam memori gue adalah saat gue suka sama adik kelas, tapi alasan gue suka dia atau cowok nggak muncul juga. Gue mencoba mengingat masa kecil, tapi tetap saja nihil. Gue cuma inget waktu kecil nggak suka main kelereng, layangan, bentengan atau apapun yang berhubungan dengan maskulinitas. Tapi gue juga gak suka main yang berhubungan feminim. Gue netral!! Itu menurut gue ya.

“Gue nyerah......” pekik Arga menganggetkan gue yang lagi ngelamun. “Gue nggak tau sejak kapan dan kenapa jadi homo,” lanjut Arga memelankan suaranya.
“Sama, gue juga nggak ngerti kenapa dan kapan,” gue menyapakan apa yang di omongkan Arga.  “Ga. Kalau menurut gue sih ya... kita pasti punya sebab kenapa kita jadi homo, tapi kita telah melupakan itu dan nggak mau mengingatnya karena memori itu bagian yang menakutkan bila di ingat. Kita berubah menjadi homo karena kejadian itu,” gue mulai berteori yang menurut gue itu benar. “Tetapi tanpa kita sadari meski memori itu hilang, malah beralih ke mind set kita. Menjadi gay itu nggak sekonyong-konyong Ga, ada proses yang panjang tanpa kita sadari,” lanjut gue menjabarkan teori ngelantur. Gue ambil nafas untuk lanjutin ngomong tapi dipotong oleh Arga.
“Proses yang gimana?” sela Arga yang dari tadi dengerin omongan gue.
“Prosesnya dari kamu suka liatin cowok secara diam-diam. Kamu memang nggak berani mendekatinya tapi kamu mencari informasinya. Bisa juga kamu suka sama seseorang cowok yang buat kamu terkagum tetapi sayangnya kamu cuma bisa menggumi saja. Lantas kamu nggak bisa dapatkan apa yang kamu dari dia. Lalu kamu mengalihkan itu semua ke chating, disitu kamu benar-benar berkenalan dengan cowok yang sudah pasti gay. Kamu berani untuk beretemu dan menunjukkan siapa diri kamu. Kamu merasa nyaman dengan cowok itu lalu kamu melanjutkan hubungan terlarang. Homo yang pertama deket sama kamu Rino kan? Itu sebuah proses juga.” jawab ku panjang lebar mengenai proses pembentukkan Maho.

Gue masih belum percaya apa yang barusan gue jelaskan ke Arga. Nggak tau dari mana kata-kata itu meluncur begitu saja. Mungkin dari pengalaman pribadi kali ya. Ketika gue menyukai seseorang. Gue cuma bisa menyukai saja tanpa bisa mengatakannya. Gue takut bila ngomong ke dia “gue suka elu”, yang ada gue di sambit. Mungkin karena saking lamanya menyukai tanpa ada penentangan atau akibat lainnya. Gue mengalihkan rasa itu kepada orang yang baru ku kenal dari chating, yang sudah pasti dia gay.

Coba kalo gue ngomong dan dapat sambutan jontokan dari dia, pasti ceritanya akan beda. Gue sebagai orang awam akan merasakan sakitnya di tolak cowok, apalagi dapet bogem mentah, jadi sakit kuadrat dan gue bakal trauma nggak mau deket atau menyukai cowok. Tapi ya sudah lah toh sekarang sudah terbentuk jadi gay.

“Cong..... bisa nggak sih kita normal?” tanya Arga memelas.
“Ci... anggota badan kamu lengkap, kampu ganteng, kamu pinter. Jadi kamu itu normal,” timpal ku segera. “Elu bisa kuliah di kampus ternama. Elu juga pasti punya karir cemerlah dan elu punya keluarga yang harmonis itu normal juga kan?”
“Iya gue tau itu semua. Tapi tetep aja gue abnormal sebagai cowok. Cowok koq suka cowok, homo donk!!” Arga bukannya tenang tapi jadi gusar.
Gue diam sejenak sedang memikirkan jawaban yang tepat. “Sekarang gini dech, elu putar balik mind set kamu. Kamu adalah cowok normal sebagai gay. Gay yang normal adalah cowok yang menyukai cowok. Jadi kalo elu abnormal tandanya elu suka sama cewek.”

Kata-kata itu meluncur begitu saja tanpa gue bisa rem. Otak gue tiba-tiba saja menjadi cerdas dengan deretan kata yang konyol. Jika para psikolog pasti aku di tembak tempat, karena mensugestikan sesuatu yang sesat. Tapi gue cukup lega ketika Arga tegelak. Artinya dia masih waras bisa merespon kekonyolan ku.

“Ok Cong, gue bisa terima itu. Meski gue “normal” tapi gue tetep “sekong”. Pikiran ini sekong Cong.... tiap hari mikirin cowok. Kapan gue dapat pangeran impian gue?” Arga kembali ke putus asaannya. Ajaib. Dari lepas penderitaan sedetik kemudian langsung galau lagi.
“Ci.... elu sakit jiwa kalau mikirin yang macem-macem dan ngga bisa menerima keadaan elo sendiri. Nggak usah ngarepin pangeran dulu. yang penting elu harus nrimo. Menerima keadaan kamu dulu. Gimana kamu mau dapetin pangeran kalau elu masih belum nrimo.”
Sekonyong-konyong Arga meluk gue, “so sweet banget sih.... makasih ya sob.”
Seketika itu juga melenyapkan adegan drama ala sinetron itu dengan mendorong dia agar menjauh. “Stop....gue bukan homo, jangan peluk gue. Nanti gue ketularan.” Kelakar gue sambil bercanda, dan kita tergelak bersama.”hahahahaha”

Jadi kesimpulannya adalah untuk tahap menerima itu biasanya kita rejecting atau penolakan. Kita pasti akan terlebih dahalu menolak kalau diri kita gay. Kita berusaha mencari argumen atau alasan yang menyatakan kita normal. Kadang ada yang ekstrim dengan berdebat di chatroom atau sebuah forum, dia suka menjelek-jelekkin gay. Tetapi dari serangan itu, muncul serangan balik yang memberikan sebuah pandangan gay dalam diri kita. Bahwa menjadi gay itu nggak seburuk apa yang kita fikirkan.

Sejak itu pikiran kita mulai melemah untuk mereject, karena melihat banyak gay yang menjadi sukses dan berkehidupan normal seperti orang pada umumnya. Ok. Lambat laun fikiran ini aka menerima dan berdamai pada diri sendiri kalau gue adalah gay. Tetapi masih berharap bisa menikah. Nah loh..... itu bukan nrima... :p jadilah diri kamu sendiri!

telah terbit buku bertema Gay yang berjudul #Kamuflase, untuk pemesanan klik sini dijamin gak rugi dech kalau udah baca. TEMUKAN IDENTITASMU DENGAN KAMUFLASE





No comments: