Wednesday 4 May 2011

Indonesia Terang


Tidak seharusnya ada pemadaman listrik bergilir lagi Indonesia. Tidak seharusnya pula masyarakat tak dirugìkan dengan pemandaman listrik dengan terhambatnya produksi barang di pabrik atau home industri. Tidak seharusnya pula kita menderita. Tidak seharusnya jg barang elektronik rusak karena seringnya pemadaman listrik yang tiba-tiba.
Indonesia adalah negara kaya raya sumber listrik tetapi hal ini Indonesia belum memanfaatkan. Selama ini pasokan listrik dr PLTA, PLTU, PLTD. Di musim kemarau debet air berkurang, otomatis pasokan listrik ikut kurang, hal tersebut dapat mengurangi produksi listrik. Tidak banyak waduk, danau atau sungai yang dapat di jadikan PLTA tentunya masih banyak warga yang sering terujadinya pemadaman. PLTD dan PLTU hambatannya harga minyak membumbung tinggi dan cenderung tidak stabi oleh karena itui biaya produksi tinggi dan Indonesia sekarang menjadi negera import minyak.
Sebenarnya banyak cara memproduksi listrik sendiri. Indonesia tepat di garis equator tentunya matahari menyoroti Nusantara setiap tahunnya kenapa tidak Indonesia mendirikan PLT (Pembangkit Listrik Tenaga) Surya. Lebih hemat daerah Jakarta ada pembatasan listrik dari negara atau tiap gedung punya PLT dari tenaga surya dari situ seharusnya akan lebih efesien. Indonesia tempat bercokolnya gunung berapi, pulau Jawa merupakan pulau terbanyak gunung berapi di dunia. kita bisa gunakan energi panas bumi. Sumatra, Jawa, Sulawesi, kepulauan Sunda Kecil banyak gunung aktif manfaatkan ajah bisa lebih baik lagi.
Indonesia negara kepulauan tentunya akan banyak potensi yang di hasilkan dari laut. Daerah kepulauan bisa di gunakan angin dan ombak itu dari situ bisa menghasilkan energi lìstrik dan dapat memutarkan turbin.
Belakangan ini Indonesia sedang digegerkan dengan akan dibangunnya PLT Nuklir di daerah semenanjung Muria provinsi Jawa Tengah, tetapi masih banyak yang menetang ide ini. Pembangungan PLTN bagaikan makan buah simalakama disatu sisi dapat menguntungkan tetapi disisi lain akan sangat berbahaya. Masih dalam ingatan kita tentang tragedy PLTN Fukushima di Jepang, Bencana PLTN Bhopal di india dan terdahsyat adalah ledakan dari PLTN Chernobyl yang ada di Ukraina. Banyak sekali kerugian dari PLTN kalau terjadi ledakan atau tragedi. Indonesia adalah negara yang sangat rentan dari bencana alam dengan gempa buminya, tsunami, letusan gunung dan masih banyak bencana lagi. Pastinya pembangunan PLTN perlu perencanaan yang matang dan kita harus dari belajar dari negara-negara yang telah mendirikan PLTN

No comments: