Wednesday 14 December 2011

belajar "kemiskinan"

tadi siang aku liputan ke SMA Kolese De Brito. disitu ketemu siswa yang baru menang festival film dokumenter. filmnya simpel cuma 10 menit but mempunyai banyak makna tentang kemiskinan


Poin pertama adalah kemisikinan jati diri, yaitu kemisikinan dimana para remaja krisis percaya diri yang ngekor teman-temannya. Kemisikinan ini remaja tersebut lebih berbuat negatif, berbuat semaunya sendiri tanpa melihat akibat kedepannya. Kemiskinan ini mengakar dari kurangnya perhatian dari orang tua yang sibuk dengan kegiatannya sendiri dan gak terlalu memperhatikan perkembangan anaknya.

Poin ke dua adalah tentang gender. SMA Kolese De Brito adalah sekolah khusus cowok. Teman dari Felix dan Aan ada yang feminim meskipun dia cowok, lalu Felix dan Aan mewancarai anak tersebut mengenai perasaan dia yang selalu di olok-olok dan persaan dia bisa menjadi diri sendiri dengan perilakunya tersebut yang bisa lebih kuat untuk menghadapi cemoohan dari orang lain. Felix dan Aan mendapat kesimpulan bahwa kemiskinan disini adalah kurangnya rasa saling menghargai antar sesama manusia.

Poin yang ketiga adalah kemiskinan dari sistem pendidikan Indonesia. Felix dan Aan mengangkat siswa yang kewalahan dengan pendidika diterimanya di sekolah. Begitu beratnya beban tugas belum lagi dengan sistem yang text book yang setiap saat harus menghafal. Hal tersebut membuat para siswa menjadi nyontek kerjaan temannya atau lebih gampang untuk dikerjain sama orang lain.

Kesimpulan dari film ini adalah bukan kemiskinan dalam bidang ekonomi tetapi kemiskinan mental dalam keseharian kita. Pemilihan judul “Is It You?” yang berarti apakah itu kamu? untuk menyindir para penikmat film tersebut apakah kemiskinan itu dari diri kita sendiri.

No comments: