Thursday 28 April 2011

jangan perdebatkan


apa salah kalau kita berbeda agama?
apa kita harus bergaul yang seagama?
apa salah juga kita menjauhi mereka yang pindah agama?

semua pertanyaan itu ada film tanda tanya. sebuah film refleksi masyarakat yang ada di Indonesia. menyuguhkan perbedaan itu indah bila bersama tetapi sungguh sangat rentan berbicara mengenai ras. tidak semua orang mempunyai persepsi yang sama di kepala masing-masingnya. ada yang menganggap itu sebuah yang tabu ada yang fine-fine saja bertukar pandangan dengan kepala dingin.

kita harus saling menghormati perbedaan-perbedaan itu karena kita hidup tidak sendiri tetapi kita juga hidup dengan masyarakat yang lain. kita harus saling melindungi karena kita sama ciptaan manusia. kita harus saling menjaga karena kita kesatuan. kita harus saling menghargai karena kita punya kepentingan sendiri. intinya dalam pergaulan ini harus bisa saling menjaga perasaan dan tidak boleh berfikir negatif.

kita sering marah bila ada orang yang murtad (bagi yang muslim). begitu juga sebaliknya ada yang marah jika dia menjadi mualaf (bagi yang non muslim). semua itu sudah menjadi pilihan dia, dia sendiri yang menanggung semua karena dia punya keyakinan yang berbeda dengan kita. jangan kita menjauhi jangan kita mencela karena tiap orang sudah punya keputusannya masing-masing.

memang teroris itu biadab memecah belah belah apa yang sudah menjadi satu. membuat kita untuk saling berseteru. dan kita mencapakan keindahan perdamaian. Indoesiaku, damailah dalam keberagaman. jangan perdebatkan kenapa kita berbeda agama.

Allah terima kasih apa yang telah kau berikan. Allah tolong lindungilah kita semua dari semua setan yang terus menghasut untuk berbuat zolim. Amien

No comments: