Monday 9 March 2015

Alayers

Alayers

Ada tertulis di sebuah papan tanda yang ku temukan di dalam hutan
“Jalani hidupmu  agar tidak menyesali hari ini dan esok”
 (Shiori Mori ~ Aqua Timez)

Dalam kerjaan ku ada beberapa rubrik yang dilengkapi dengan testimonial dan pertanyaan dari siswa. Ada 5 pertanyaan disetiap rubrik kesehatan, cinta dan fotografi. Lalu ada 8 siswa disetiap testimonial yang jumlahnya 3 jadi paling nggak satu bulan aku harus mengumpulkan 24 siswa.

Keliatannya mudah bukan? Cuma cari dan ngumpulin 24 siswa yang ngisi testimonial. Akan tetapi hal itu kerjaan yang paling buat ku stress sepanjang karir jurnalisku, gampang-gampang susah sih dapetin orangnya tapi kebanyakan ribetnya, apalagi ngadepin para alay. Aku lebih milih disuruh liputan traveling 1 minggu full dari pada ngadepin para alay ini atau aku juga liputan advertorial nggak apa dech walau nanti ngetik artikelnya susah yang penting liputannnya gampang udah gitu ditempat ber-AC.  

Biasanya aku ngerjain rubrik ini setelah rapat Page Planner selesai. Aku mulai mengatur strategi untuk liputan mencari para korban testimonial. Maksimal satu minggu rubrik ini harus jadi. Kalau nggak jadi bisa repot kerjaanku semakin banyak yang numpuk dan terbengkalai di rubrik selanjutnya.

Entah aku harus ngamuk-ngamuk atau seneng kalau ada SMS dari siswa yang isinya sebagai berikut

“Med chiang kaq Entong, Q Fanya 4m SMA Pmuda Pmudi. Kaq Entong bs G m43n 2 scul Q? Q Pin6in tken4l bar3ng t3m4nz2 d M4j4lah.”

Terjemahannya : selamat siang kak Entong. Aku Fanya dari SMA Pemuda Pemudi. Kak Entong bisa tidak main ke sekolah ku? Aku sama temen-temen pengin terkenal di majalah.

Mengapa aku harus ngamuk-ngamuk. Itu SMS dari anak alay yang tulisannya kriting dan perlu berjam-jam untuk menerjemahkannya dan alhasil kerjaanku buyar semua gara-gara untuk mengeja satu persatu kalimatnya. Dampak lainnya adalah mata ku jadi sedikit keplintir. Sumpah sungguh merepotkan kalau berhadapan dengan alayers seperti ini. Koq bisa ya di Indonesia ada fenomena seperti ini?

 Yang jadi keheranan lagi koq bisa ya para 4l4y ini bisa nulis sedemikian rupa dengan huruf besar kecil dikombinasikan dengan angka lalu disingkat sesingkatnya sampai hanya ada huruf konsonan aja. Otaknya juga udah bekerja secara otomatis karena dengan cepat dia membalas dengan tulisan yang sama 4l4ynya. Kalau itu bukan “client” udah aku maki-maki dengan bahasa yang nggak kalah alay biar dia keplintir juga otaknya jadi bener lagi.

Bayangkan kalau semua generasi muda Indonesia seperti ini bisa-bisa 50 tahun kedepan semunya berubah jadi 4l4y dengan tulisan kriting, rambut ala emo, foto KTP wajib angle dari atas lalu pipi digelebungkan terus jari telunjuk dibibir. Kalau itu terwujud rekor buat Indonesia bisa menciptakan seni budaya baru yang nggak ada tandingannya dari negara mana pun didunia ini. Dan kalau sampai di jiplak sama negara tetangga, aku mesti wajib bilang WOW sambil koprol bolak balik.

Oke sekarang lanjut lagi. Ada hal yang membuat seneng banget, aku nggak usah capek-capek door to door sekolah untuk mencari siswa yang bersedia difoto testimonial. Dengan segara ku bales dengan bahasa yang manis

“Ok dek Fanya, nanti kakak kesekolah kamu hari Kamis ya. Oh ya sekalian sediakan 10 temen kamu untuk ngisi testimonial. Sekalian juga minta ijin dulu ke wakasek kesiswaan ya.  Ada tambahan dandan yang cantik biar keliatan unyu di majalah. Makasih dek Fanya.”

Kalau aku nyerah dan nggak tahan dengan kebiasaan anak alay aku pasti membalas SMS, “Maaf tulisan anda terlalu keriting mohon di rebonding dulu biar tulisannya normal kembali dan bisa di baca”

Singkat cerita sekarang waktunya beraksi ke sekolahannya Fanya yang terletak di daearah Maguwoharjo, seperti biasa aku selalu ditemenin Mas Dita yang bagian potretin para 4l4y. Di parkiran motor sudah menunggu seorang gadis belia yang unyu, kata dia sendiri sih, aku tebak dia pasti si Fanya.

“Kakaq Entong ya sama Kakaq Dita?” kata gadis itu yang menekankan huruf akhir dari kata kaka jadi intonasinya kaya orang lagi keselek biji kedondong.
“Fanya? Gimana nih udah bilang kan sama wakasek kesiswaan?” tanya ku datar karena nantinya bakal ada kejutan lainnya.
“Udah koq kaq, kita ke kantor wakasek dulu ya, dia juga udah nunggu di kantor.” Fanya memandu kita di kantor.

Di kantor wakasek kesiswaan, aku dan Mas Dita hanya basa basi ijin liputan atas undangan dari Fanya. Untungnya bapak ini welcome jadi nggak ribet. Kadang ada yang ribet banget harus pakai surat liputan, kalau yang kayak gitu langsung tak tinggal aja. Setelah bermanis manis dengan wakasek kesiswaan sekarang waktunya eksekusi.

“Fanya, bisa kita mulai sekarang kan? Oh ya temen-temen kamu mana?” Aku memulai sesi liputan untuk testimoni
“Bentar ya kak, aku ke kelas temen-temen dulu untuk panggilin mereka. Tunggu dulu ya….” Heh tuh anak bisa juga ngomongnya normal, berarti tadi pas di parkiran dia emang lagi keselek biji kedondong.

Sambil menunggu para pemuda dan pemudi Indonesia iseng-iseng liat majalah dinding. Ternyata anak SMA tuh bisa romantis juga kalau bikin puisi, aku aja sampai klepek-klepek bacanya. Paling seru liat boks foto-foto kegiatan, ya ampun….fotonya koq bisa seragam mulai dari gaya pipi digelembungkan dan jari telunjuk di bibir, ada juga kaya foto keluarga tapi dengan pandangan pada satu titik, foto yang lainnya mereka sedang tiduran secara melingkar lalu difoto dari atas, belum lagi foto lagi meloncat, ya itu lah standar foto anak sekolahan sekarang.

Kira-kira 20 menit Fanya datang beserta rombongannya yang cowok dengan rambut emonya, ada headphone segede gaban melingkar di lehernya, model celananya pinsil pas banget tuh sebagai ciri-ciri 4l4y. cewek-cewek yang dibawa Fanya gak kalah heboh, rambutnya di rebonding, kaos kaki sebatas lutut dan sepatu model balet bajunya junkist roknya pun ikut junkist diatas lutut, eyeliner yang hitam ala gotik, itu salah satu cirri 4l4y yang cewek.

Jika mereka diem sih nggak masalah tapi kalau udah ngerumpik haduw rasanya pengen jedotin kepala ke tembok. Gimana nggak pusing dengerin segerombolan anak 4l4y ngomong dengan cara keselek biji kedondong. Nggak usah dibayangin langsung aja ditemuin dijamin anda langsung muntah-muntah tujuh hari tujuh malam. Demi sesuap nasi haruslah tahan banting. Sabar sabar sabar

Sekarang satu persatu untuk mengisi testimonial

“GIni dek Fanya tinggal tulis aja apa yang dibenak Fanya kalau punya pacar Maho?” kata ku untuk testimonial mengenai Maho.
“Ich nGGak banGGed, maSa cowokS ku celingkuh sama cowokS. Tapi kalo diYa guanTeng gak apa-apa dech….” kata Fanya dengan wajah dimanyun manyunin. Huruf yang dibesarin itu sebagai penekanan biar dia kelihatan alay.
“Oh gitu, ya udah ditulis aja. Inget tulisannya pakai huruf yang normal saja ya. Aku pusing baca tulisan kriting,hehehehe.” cetus ku nyinyir tapi dibuat becanda.
“Kakak nih biasa ada dech,hehehe. Iya dech pakai tulisan yang sesusai EYD,” komentar Fanya dengan logat bicara normal.

Bisa dirasakan kalau setiap bulan ketemu kira-kira 24 siswa yang gaya ngomong dan tulisannya alay? kalau nggak tahan mental mungkin aku bisa ikut-ikutan jadi alay seperti itu, idih…amid-amid dech nGGak banGGed gitchu, waduh koq aku jadi ikutan alay. STOP.

Setelah sesi menulis testimonial sekarang dilanjutkan sesi pemotretan yang dikerjakan oleh mas Dita. Aku kebagian memanggil siswa sesuai urutan ngisi testimonial. Pasti ada aja kelakuannya kaya gini:

1.      “Aduh kak aku lagi jerawatan gimana ya kak biar jerawatnya nggak keliatan?” adek ini bukan foto beauty shoot jadi tenang aja jerawatnya bakal gak keliatan.
2.      “Kak fotonya dari bawah ya kak biar aku kelihatan tinggi nggak banget kan keliatan pendek biar banyak cewek yang naksir” kalau emang udah cebol ya terimalah dengan lapang dada.
3.      “Pokoknya aku gak mau tau caranya biar pipiku gak keliatan tembem ya” Sekalian aja dikempot-kempotin biar kayak nenek.
4.      “Bagusnya rambutnya diapainya? Ujung-ujung rambut ni lagi bercabang aku belum spa rambut.” Trus gue harus nungguin lu nyalon dulu? Bisa bulan depan kelarnya.
5.      “Kak aku pingin foto diatas kereta kencana bisa nggak?” Helow emang kamu anaknya sultan, anaknya sultan aja gak seheboh itu kalau difoto.
6.      “Diulang donk kak, tadi aku lagi nggak siap pasti hasilnya aku lagi merem kan?” Aduh adek ini emang ini sesi foto untuk dirimu seorang.

Jika sesi pemotretan ini aku cuma bisa senyum-senyum saja, kan giliran mas Dita yang jedotin kepala ngurusin kelakuan anak-anak alay. Tapi bersyukurlah masih ada aja siswa yang mau difoto, walau aku sama mas Dita harus berlapang dada ngeladenin generasi alay.
Aku masih bersyukur masih diberi kemudahan untuk mencari testimonial karena ada yang mengundang walau harus berjibaku menahan mual dan pusing-pusing ngadepin anak alay. Kadang ada saatnya sepi dari panggilan sekolah, jadinya aku sama Mas Dita harus dor to dor ke sekolah yang mau diliput. Ada beberapa tantangan yang harus dilewatin
  1. Satpam
Setiap sekolahan pasti punya satpam yang menjaga kedaulatan sekolah tersebut. Ada beberapa sekolah yang satpamnya rese.
“Mau ketemu sapa mas?” tanya satpam tersebut dengan sopan.
“Gini pak aku Entong dari Skolah Magz, mau liputan ketemu bapak wakasek kesiswaan.” Kata ku dengan sopan pula.
“Nama wakasek kesiswaannya sapa?” Gubrag ni orang waras apa ya kerja disekolah ini malah nanya nama wakasek kesiswaan. Rasanya pengen ku cipok nih satpam.
Kan bapak yang karyawan sini koq nanya sama aku, saya nggak tau pak namanya?” kata ku sedikit nyolot sambil ditahan biar tetep sopan.
“Udah buat janji belum? Kalau belum buat janji aja dulu telpon ke sini. Hari ini beliau lagi sibuk,kata Satpam dengan galak.
Pengin banget tuh mulut satpam di cipok bolak balik atau ku tendang dia ke kelas buat belajar kesopanan padahal ya kerja disekolah harusnya yang sopan dikit keq. Kalau udah gini mau gak mau ninggalin tuh satpam judes.

Alangkah senangnya ketemu satpam yang ganteng udah gitu ramah mempersilahkan tamunya untuk langsung kedalam mencari ruangan wakasek kesiswaan. Biasanya sih ruang wakasek kesiswaan di depan sebelah sama ruangan TU. Tahap satpam lanjut lagi tahap berikutnya.

  1. Wakasek Kesiswaan
Setelah tahap satpam sukses alur berikutnya adalah ke wakasek kesiswaan. Seperti biasa dari satpam diarahkan ke TU terlebih dahulu untuk menanyakan keberadaan beliau. Biasanya sih suruh nunggu dulu di TU kalau nggak disuruh nunggu di ruang wakasek. Jika sedang beruntung bisa langsung ketemu kalau nggak ya nunggu dulu sampai pelajaran selesai nggak masalah sih itung-itung biar nggak terlalu cepat nyampe kantor.
Eng ing eng wakasek sudah dateng, saatnya bebasa basi yang basi
“Selamat siang pa, saya Entong dari majalah Skolah Magz. Gini pak saya mau liputan disekolah ini tentang profil ketua OSIS, ekskul, band, dan testiomoni.” Aku menjelaskan panjang lebar, karena aku yakin dia nggak ngerti Skolah Magz.
“Oh ya saya pernah denger banyak siswa baca itu majalah,komentar wakasek
“Begitu ya pak, terus gimana pak saya bisa liputan disini?” tanya ku langsung to the point, capek basa basi yang tentunya basi.
“Boleh sih dek…..” kata wakasek, tapi dari nadanya nggak enak ada kata “sih” pasti something….lalu beliau melanjutkan perkatannya, “ada surat peliputannya nggak? Ini kan institusi resmi jadi harus pake surat.
“Wah kebetulan suratnya habis pak, tapi kita wartawan resmi koq pak,Aku berusaha meyakinkan.
“Tapi tetep nggak bisa dek, besok aja dech adek kesini lagi,timpal beliau sambil mencari solusi.
“Dalam hati ku, udah males ke sekolah ini lagi ribet. Emang sekolah ini satu-satunya di Jogja atau emang sekolah ini yang paling bagus di Jogja? Nggak juga kan. Masih banyak sekolah lain yang nggak ribet, gampang masuknya.”

Sejurus kemudian aku sama mas Dita langsung pergi dari sekolah ribet itu mau maksain juga gak bisa yang ada nanti di usir secara nggak hormat dari sekolah. Rasanya gedek banget

Tapi banyak juga koq wakasek yang baik hati langsung mempersilahkan kita liputan, apalagi kalau beliau baik banget kasih kita minum atau makan,heheheh lumayan rejeki masa ditolak sih maklum juga anak kost buat pengiritan. Wakasek yang baik biasanya langsung segera memanggil siswanya seperti yang kuminta dari ekskul favorit, ketua OSIS, band, dan siswa yang mau ngisi testimoni.

Kadang suka kasian juga sih para siswa testimoni itu sepertinya mereka terjebak untuk foto dimuat majalah. Tapi mereka pasrah aja yang kayak gini nggak ribet udah ngisi testimoni lalu langsung difoto, dan mereka juga gak ribet gayanya. Tapi kalau yang udah narsis dari lahirnya heboh sendiri dech.

Okey diatas itu alur minta testimonial kalo dari sekolahan. Biasanya kalau lagi males ke sekolahan karena resiko ditolak, cara yang sangat menyebalkan yaitu datang pas bubaran sekolah jadi kita nggak perlu masuk kesekolah cukup didepan gerbang saja.

Ada segerombolan anak lagi nongkrong depan sekolah, wah mangsa bagus nih buat ngisi testimoni, tapi jangan berharap banyak dulu untuk berhasil.
“Misi dek saya dari majalah Skolah Magz, mau nggak ngisi testimoni? Nanti di foto terus masuk majalah

Tanpa basa basi mereka langsung bubar……..

Kalau nggak langsung bubar ada aja alasannya
“Temen ku aja nih mas, dia paling narsis loh satu sekolah?”
“Nggak dink mas. Dia aja mas kan dia cantik.”

Haduw jadi lempar-lemparan kaya gini. Aku langsung beraksi kembali
“Ya udah nanti semuanya dapet dech satu satu dari kalian ngisi testimoni, jadi adil kan?” aku kasih solusi. Dan mereka menyanggupinya.

Adegan berikutnya, alay mereka keluar dech, minta fotonya jangan keliatan chubby padahal mo sedoat lemak mpe 100 kali juga tetep kaya sapi glonggongan. Atau minta keliatan jadi manis, sekalian aja diguyur gula. Tapi nggak apa-apalah yang penting udah dapet testimonial.

Gitu dech kalau udah berburu testimoni banyak cerita yang bingin ngakak kalau nggak bikin PMS (loh aku kan cowok koq PMS), abisnya nyebelin banget sok seleb lah yang bilang “no coment” atau langsung ngibrit membuat diriku cengok sendirian. Untungnya masih ada Mas Dita yang selalu nemenin aku jadi nggak kerasa BTnya. Mas Dita juga ekstra sabar memenuhi permintaan siswa yang difoto. Untung nggak ada yang minta difoto sambil ngesot atau koprol.

@@@

Akhirnya….liputan testimonial selesai juga. Liputan dalam tiga hari berpanas-panas ria dari satu sekolah ke sekolah lain. Normalnya dan kalau lancar cukup 5 sekolah untuk liputan tapi kali ini lebih dari 10 jadi kayak sales dech,hehehhe.

Penyebabnya ada banyak alasan sekolah yang nggak mau diliput, lagi musim ulangan jadi siswa nggak bisa diganggu, ada juga yang harus pakai surat liputan, wakaseknya ngumpet karena pobhia sama wartawan. Intinya adalah nggak dapat izin untuk liputan disekolah tersebut. Terpaksa dech pindah ke sekolah lainnya.

Jika udah dapet sekolah belum tentu lancar juga. Kalau wakasek yang baik hati dia akan langsung menyediakan 10 siswa untuk digilir ngisi testimonial. Ada juga wakasek yang setengah baiknya, ngijinin liputan tapi kita cari sendiri para siswa yang ngisi testimonial yang kayak gini juga ribet. Ada kerumunan siswa begitu aku dan mas Dita mendekat dan ijin ngisi testimonial mereka langsung pada bubar, hore….gagal dapet. Alahasil dalam satu sekolah dapetnya hanya 3 orang masih kurang 8 lagi pindah lagi kesekolah lainnya. Streess tingkat dewa.

Sekarang lanjut pada penulisan hasil liputan.

Waktunya ngetik dikantor, ngetik kayak gini nggak bisa dilakukan di kost atau diluaran karena akan langsung disimpan ke data base kantor. Udah gitu biar gampang mencocokan testimonial dengan foto mereka. udah siap tinggal ngetik ayo kita buka buku kramat ku alisan buku liputan. Disitulah semua liputan ku tulis disitu waktu interview atau berburu testimonial. Kecuali yang penting banget baru aku rekam. 

Aku rogoh-rogoh tas yang biasa nemenin liputan. Hhhmm koq nggak berasa ada buku tebal ya, aku longok ke dalamnya. Glek!! Buku liputan ilang raib nggak ada di tas. Mampus kemana ini buku?

“Mas Dita…..tau buku liputan ku nggak? Di tas nggak ada,aku tanya Mas Dita yang baru saja duduk  di kubikelnya.

Aku jadi semakin panik. Masa hasil liputan capek-capek ilang gitu aja. Imbasnya mas Dita pasti nesu-nesu juga.

“Aduh kemana sih ini buku? Bikin sebel dech,aku ngedumel sendiri. Tapi ngedumel juga nggak bakal menyelesaikan masalah.

“Kenapa toh Tong? Mukanya ngga asik banget, imutnya ilang,mas Dita sudah mulai mecium gelagat pasti ada yang nggak beres.
“Buku liputannya nggak ada di tas ku mas, tadikan aku udah bilang.” Aku menahan gemes harus ngomong lagi entah kemana keberadaan buku liputan itu. “Yang aku inget tuh ya pas pulang dari SMA Teladan udah dimasukin ke tas.” Kembali flash back kejadian beberapa jam lalu.

“Coba pelan-pelang di inget. Diruntut kemana aja tadi, kali aja jatuh di jalan.” Mas Dita mencoa menenangkan aku.

“Terakhir kita liputan di lobi SMA Teladan kalo nggak salah interview terakhir sama Lili. Dari SMA Teladan terus makan di Angkringan Sorjem. Masalahnya aku lupa di SMA Teladan tuh buku di masukin atau nggak. Pas Makan aku juga kan buka-buka tas.” Kembali meruntut apa yang sudah terjadi.
“Ya kalau gitu ke SMA teladan terus ke Angkringan. Aku nggak mau liputan testimony lagi loh…..”

Oh tidak…..cobaan apa pula ini kenapa harus kembali lagi ketempat itu. Mana masih panas banget pula, nanti kalo putih ku luntur gimana? Terus uang bensinnya mana? Ribet banget hari ini. Aku pikir setelah liputan berakhir aku bakal santai menikmati sejuknya angin semilir di kantor, maklum saja di kantor belum ada AC jadi agin sepoi-sepoi dari kipas angin yang menyejukan ruangan.

Dengan amat sangat terpaksa (lagi lebay) dan mau nggak mau aku harus kembali lagi demi sebuah buku. Nggak ada buku itu nggak bisa kerja dan bisa-bisa harus mengulang liputan yang melelahkan lagi apa lagi harus ngerjar para Alay. OMG!!!

Dua jam kemudian
Lengkap sudah penderitaan siang ini. Udah nguber remaja labil, kepanasan jadi lepek nih badan selain itu pakai acara buku liputan ilang. Udah capek-capek ke angkringan dan sekolah tetep aja nggak ketemu. Pasrah dech liputan lagi dan siap-siap dimarahin Bos banyak pekerjaan yang terbengkalai.

Sesampainya di kantor lemes nggak tau mau ngapain. Mau ngerjain kerjaan juga sudah nggak bergairah lagi nggak ada bahan untuk ditulis. Karena semua bahan liputan ada dibuku itu dari liputan testimonial, band sekolah, ekskul sekolah. Dan semunya harus kembali ke sekolah untuk liputan lagi. Oh no!!

Lagi asik berpasrah ria kubikel ada sesuatu bungkusan yang menarik perhatian. Aku mengingat kayaknya aku nggak pernah ninggalin bungkusan di meja. Apa ada yang lagi baik hati kasih hadiah untuk ku ya, tapi aku ulang tahun masih lama. Whateverlah yang penting sekarang dibuka saja bungkusan itu.

Pertama kubuka bukusan kresek, didalamnya ada sebuah kotak lebih kecil dari kotak sepatu lalu dibungkus dengan kertas koran. Koq jadi kaya kota misteri gitu jangan-jangan ini jebakan nih. Waspada!! Pelan-pelan kubuka bungkusan kertas Koran. Setelah itu baru ku buka. Betapa terkejutnya diriku rasanya ingin loncat-loncat bukan karena kotak bom atau kotak jebakan. Tapi ini emang kotak kejutan.

Isi dari kotak tersebut adalah buku liputan yang tadi habis ilang. Siapa juga ya nemuin? Kalau dia cewek cantik aku jadikan pacar kalau dia cowok aku jadikan dia bodyguard, kalau diantara cowok dan cewek? Hhmmm aku jadikan pembokat aja dech. Tapi siapa pun yang menemukan dan mengembalikan aku ucapakan terimakasih. Kayanya perlu syukuran juga dech.

“Tong tadi ada orang yang cari kamu, dia kasih bungkusan. Udah aku taro di meja mu.” Ucap Wedo yang baru saja masuk ruang redaksi. “Oh ya ntar sore ya pembayaran kleimnya.” Wedo langsung ngeloyor ke ruang AE tempat mejanya dia tanpa menjelaskan siapa yang kasih buku liputan.

Mas Dita masuk ke ruang redaksi.

“Pie udah ketemu belum?” Tanya Mas Dita pada ku, sambil menaruh tas kameraya.
“Udah mas tapi nggak tau siapa yang nemuin dan dia ke kantor kasih ini buku.” Aku menjelaskan ke Mas Dita dengan berseri-seri karena terbebas dari ngulang liputan apa lagi pake acara sendirian pula.
“Ya gimana nggak di kembaliin liat tuh di halaman pertama ada tulisan “Barang siapa yang menemukan buku ini tolong dikembalikan kalau nggak dibalikin bakal mandul tujuh turunan”.” Mas Dita mengambil buku liputan ku dan menunjukan tulisan yang dimaksudnya.

Ternyata tulisan iseng itu manjur juga. Masih ada orang baik hati mau mengembalikan barang yang tercecer dijalanan walau terpaksa karena ada ancaman,hehehhe. Semoga yang mengembalian mendapatkan pahala yang banyak.

Sekang lanjut nulis lagi, semangat lagi dech hidup ini. Pokoknya hari ini harus sudah selesai. Tapi kayaknya nggak bisa karena 15 menit lagi waktunya pulang jadi bakal dikerjain besok aja dech. Aku nggak mau lembur di kantor. Masalah hari ini terselesaikan, masih bisa menlanjutkan pekerjaan dengan lancar. Pastinya bulan depan ketemu lagi dengan Alayers, fuih!!!!!!

No comments: