Monday 9 March 2015

Page Planner

PAGE PLANNER

Melajulah, melajulah sepedaku. Aku akan mengantarmu ke mana pun. Walaupun impian yang kita lukiskan sekuat tenaga terlihat bodoh bagi orang lain tapi impian kita bagi kita adalah kenyataan yang bersinar (Jitensha – Aqua Timez)

Flowchart: Alternate Process: Tong, tar jam 9 rapat redaksi. Jangan sampe telat!!! Siapin ide tema tentang kenakalan remaja. Oh ya aku pesen bubur ayam gak pake kacang.
 








Haduh….jam 5 pagi udah dapet SMS dari Preti ganggu orang lagi tidur aja sih, kenapa nggak dari jam 2 aja pas lagi asik-asiknya makan gudeg di Jalan Solo (nggak nyambung) atau kenapa nggak jam 7 malem aja? Mungkin tadi malem Preti sibuk ngelonin anak tetangga jadi lupa SMS. Lah emang emaknya tuh anak kemana? Jadi TKI kali ya, (terus penting jadi mbahas anak tetangga yang di kelonin sama Preti).

Berhubung masih jam 5 pagi buta abis baca SMS terus tidur lagi. Mau mikirin ide nggak bakal dapet karena yang terbanyang Agnes Monica ngadate sama aku, itu lah mimpi di pagi buta dan nggak mungkin jadi kenyataan. Nggak rugi tidur lagi ternyata mimpinya masih nglanjutin aku lagi ngadate sama Agnes Monica, tapi aku nggak mau jadi terlibat pernikahan dini sesuai dengan sinetronnya dia.

@@@

What!!! Udah jam 9 kurang 30 menit, aduh bakal telat nih pulangnya jadi tambah lama lagi di kantor. Berdasarkann peraturan kantor waktu kerja 8 jam jadi kalau kita berangkat jam 11 pagi pulangnya jam 7 malam, ogah banget pulang malem kaya gitu. Buru-buru banget nih mandi cukup sikat gigi dan mandi mata saja (dibaca cuci muka). Oh ya iya belum lagi pesenan buburnya Preti, ribet banget sih hari ini. Harusnya hari ini kan istirahat sebentar kemaren abis stress ngurusin deadline yang emang buat mati rasa semua penduduk kantor, seakan-akan udah pada nggak punya moral.

Nggak pake manasin motor langsung tancap gas, nanti juga kalau udah nyampe kantor pasti knalpotnya udah panas sendiri, mau bukti coba aja tangannya di tempelin ke knalpot. Masih terngiang pesenan bubur ayamnya Preti, kenapa harus bubur? Karena Preti paling demen sama yang lembek-lembek, tapi ada sesuatu hal Preti suka yang keras (gak usah dibahas teralalu panjang). Untung saja buburnya agak sepi, ini sepi antara nggak laku dan udah abis. Jadi tambah brabe juga kalau abis bisa-bisa Preti murka udah dateng telat pesenan buburnya nggak ada. Tapi masih mending kalau cuma Preti yang murka dari pada si Bos bisa-bisa api dari mulutnya nyembur api, emang naga gitu?

@@@

Akhirnya nyampe kantor juga dengan selamat dan membawa 3 cup bubur, untuk aku, Preti dan Uyun. Preti udah duduk manis di teras depan didepannya udah ada berapa lembar Page Planner dan gunungan majalah fashion, remaja, urban, musik dan keluarga berencana (oh kalo itu bacaan Preti yang bentar lagi merit). Dari jauh sih raut wajahnya tampak berseri-seri abis dapet jatah kali ya dari pacarnya makannya dia SMS pagi-pagi buta, nah loh pada piktor. Preti emang sering dapet jatah dari pacarnya di kasih buket bunga tiap tengah malem, pacarnya Preti itu keturunana langsung dari pocong dan dia baru bisa keluar tengah malem. Serem juga Preti pacaran sama pocong.

“Ohayou Pret…..” sapa ku dimanis-manisin biar dia nggak meledak-ledak marahnya.
“Zao an, ni ho ma?” balas Preti dengan bahasa Mandarin.
“Genki desu” jawabku singkat masih pakai bahasa Jepang. “Nih buburnya, mana Uyun sama Mas Dita?”
“Gak tau Uyun belum nyampe juga, padahal aku SMS dia jam 8. Mas Dita katanya lagi otw. Terus kenapa kamu telat? What!! Telat? perasaan ada yang lebih telat dari aku dech, masih ada Uyun dan Mas Dita yang belum datang, aku udah disemprot dibilang telat.

“Aku udah laper banget tau, tadi malem lemes nungguin jatah nggak dateng, baru dateng jam 5,” Preti langsung menjelaskan sebelum mencak-mencak aku.
“Kamu juga aneh Pret pacaran koq sama pocong agak elit dikit keq pacaran tuh sama bapak yang di depan,kata ku sambil nunjuk bapak yang pakai baju oranye (alias tukang parkir depan kantor).

Sambil nunggu Uyun dan Mas Dita dateng seperti biasa ritual pagi ku adalah menyapa seluruh menduduk Skolah Magz. Paling seneng kalau ngejailin Wido yang pagi-pagi pasti lagi uring-uringan dengan nota-nota karena dia emang yang ngusulin keuangan, klaim, bayar air galon, bayar rekening ini itulah. Udah puas godain Wido gantian ngebuatin teh n kopi buat seluruh penghuni Skolah Magz (koq mau-maunya ya aku merangkap jadi OB? Kata temen-temen teh dan kopi buatan ku yang paling pas. Entah itu emang pujian atau hanya kata lain dari bujukan agar aku yang buatin teh atau kopi).

Akhirnya yang di tunggu udah pada dateng, tapi Preti masih aja sibuk makan bubur entah itu doyan atau saking lapernya itu sendok koq kayak ikut dimakan juga ya. Uyun dan Mas Dita tanpa masuk ke kantor dulu langsung duduk, nggak sempat masuk kantor dulu ngeliat Preti udah pasang muka kelaparan ditambah murka, murka karena kelaperan.

“Langsung aja ya buka diskusi Page Planer, tuh ambil satu-satu page planernya,” Preti membuka rapat di pagi hari menjelang siang.
“Pret aku masih nggak ngerti temanya buat edisi ini, kenakalan remaja yang gimana? Hamil diluar nikah? Atau tawuran? Semacam narkoba gitu?” tanyaku yang emang masih bingung. Karena aku yang buat liputannya ke para ABG.
“Kayaknya MBA (Merit by accident), lebih menarik dech itukan dampak dari pornografi,usul dari Preti.
Aku segera memprotes usulan Preti. “What!! Terus aku cari testimoni pelajar cewek yang pakai seragam SMA and perut buncit karena hamil?”
“Sekalian aja fotonya siswanya pakai topeng buat menyamarkan wajahnya, jadi kaya di tayangan kriminal di tivi,celetuk Mas Dita yang emang bagian foto nemenin aku liputan.
“Hahahahaha,” semuanya tertawa terbahak.
“Yang lebih spesifik sih kenakalan yang gimana? Kalau kata aku sih yang aman aja ya tentang tawuran gitu. Testinya pendapat siswa tentang tawuran gitu. Terus nanti buat artikel all about tawuran gitu. Kalau gitu aku aja yang buat artikelnya. Testimoninya ada fenomena and masalah cinta loh….kalau yang kedua aku sih minta pendapapat cewek kalau punya pacar hobi tawuran dan untuk yang cowok pendapat kalau ceweknya suka bulying ke adek kelas gara-gara rebutan cowok,aku menyampaikan ide dengan panjang lebar. Dari tadi liat Preti cuma mantuk-mantuk semoga aja sih setuju aja.
“Oke masalah testi dan udah kelar dan artikel all about tawuran aku tunggu besok ya Tong.” Preti meng-ACC ide ku. “Terus buat Fashion gimana Yun? Apa yang mau kamu buat?” Preti membuat topik baru.

Dari tadi Uyun yang lagi asik baca GoGirl terperanjat kaget sampai majalahnya dilempar ke Mas Dita.

“Sekarang ya giliran gue? Tadi temanya tentang tawuran kan? Gimana kalau aku buat macam Yakuza atau Mafia? Ide ini muncul ndadak tadi. Sekalian nyamain aja temanya,usul Uyun segera.
“Interupsi. Kalau pakai tema Yakuza atau Mafia nanti wardrobe ceweknya jatuh glamour karena kan pake dress,” Mas Dita protes usul dar Uyun.
“Ya nggak lah mas…kan nggak mesti Mafia model taun 20an. Nanti aku research dulu di film Jepang, kita pakai tema Yakuza saja nanti aku kasih print konsepnya tenang aja bebas senjata tajam,kata Uyun menimpal protes dari Mas Dita, Uyun juga langsung membuat penjelasan mengenai properti karena Uyun tau Mas Diti bakal protes lagi mengenai properti.

Uyun ini emang paling jago mengenai mix and match fesyen. Padahal Uyun baru belajar fesyen berapa bulan ini. Tapi insting sebagai stylist kuat banget makanya dia pindah desk yang tadinya reporter advertorial berubah jadi ngurusin baju. Kalau kalian ngeliatan Uyun yang kucel, dekil, mata panda sama sekali nggak ada tampang fesyennista. Dibalik itu semua punya bakat terpendam yang harus menggali kuburan dulu untuk menemukan bakat tersebut. Aku aja sampai terkagum-kagum kalau acara fitting wardrobe dengan gampangnya dia pilih baju dengan asal-asalan tapi koq pas sama tema dan orang yang make tuh baju.

“Liya kemana sih koq belum dateng juga, dia kan bertugs paling awal buat rubrik Cimon (Cinta Monyet). Moga aja dia dateng selamat, tadi emang ijin mau ke kantor polisi buat laporan BH di kostnya sering ilang.” Preti menjadikan Liya salah satu reporter dan asistennya Uyun untuk urusan fesyen tetapi dia suka sibuk sendiri jadi yang sering asistenin Uyun ya aku kalau nggak Preti
.
“Sory aku telat tadi bapak polisinya genit mana minta di anterin ke TKPlah. Oh ya aku udah buat script buat halaman cinta monyet.” Wah panjang umur banget ya Liya diomongin langsung datang kaya kuntilanak pake cling…udah nyampe.

Liya juga langsung nyerahin script untuk Uyun, Mas Dita dan Preti. “Kandidat talent udah aku siapin juga Uyun tinggal pilih aja ada di flash disk, tapi belum aku hubungin mereka tapi aku udah punya no kontaknya.” Liya segera melengkapi informasi lanjutannya seakan dia udah tau apa yang akan di tanyakan Uyun.

Liya ini bisa dibilang bestfriend Uyun dari yang pilih casting talent untuk rubrik Cinta Monyet, nemenin pacaran, hunting awul-awul (toko baju bekas, kalau yang ini untuk keperluan pribadi sendiri). Pokoknya Liya ini setia banget dech sama Uyun, kalau Uyun lagi berantem sama pacarnya pasti ada di kost Liya, dengan kata lain Liya adalah pelariannya Uyun. Ups jangan sampai kawin lari aja.

“Oh ya Pret buat rubrik traveling mau jalan kemana?” tanya ku minta usul dari Preti.
“Kayaknya ambil dari internet aja dech si bos mu minta keluar negeri,kata Preti gak yakin.
“What keluar negeri? Ich nggak banget sih, masa untuk segmen West Prog (dibaca Kulon Progo), dan daerah plosok lain di ujung gunung mau ke Singapur, Jepang, Eropa. Apa gak ketinggian tuh?” koq aku yang jadi nyolot ke Preti. Padahal nggak tau apa-apa, dia hanya dapet perintah dari bos.

Aku mau songong dikit ya, sebagai orang yang belajar Ilmu Komunikasi kita sebagai komunikator harus tau siapa komunikan kita. Komunikator ini anggap saja majalah, sedangkan komunikanya adalah pembaca. Jadi kita harus mempertimbangkan pembaca, jangan terlalu tinggi tetapi nggak meninggalkankan ke gaulan kita. Cukup untuk usia ABG lah materinya. Kerja di Majalah harus pinter-pinter buat artikel atau rubrik yang cocok untuk segemen usia dan lokasi pembaca jadi biar nggak rugi juga udah buat capek-capek tapi malah nggak dibaca.

Back to page planer

“Aku sih ada usul city tour old city yang ada di Jateng baik yang model oriental and western tapi ada juga nuansa Jawa nggak cuma di Semarang aja.” Aku mulai nyerocos mengenai ideku. Semoga di ACC kalau di setujuin kan lumayan piknik.
“Aish……city tour Jateng. Aku tau maksud kamu jalan-jalan gratis kan?” Preti mengernyitkan mata dengan pandangan sadis. Aku cuma bisa senyum senyum innocent.

Lumayankan kita bisa jalan-jalan gratis, dibayarin sama kantor tetapi kan tetep aja kerja liputan, jempalitan sana sini emang nggak capek apa menyusuri obyek wisata belum lagi kalau obyek wisatanya itu nggak ada yang bisa ditanyain asal muasalnya. Liputan traveling ini adalah yang paling kutunggu-tunggu melupakan sejenak jengahnya kerjaan yang numpuk biasanya aku liputan traveling awal ngerjain edisi baru karena untuk melepaskan lelah setelah huru hara deadline.

Next Page

“Tong udah ada tulisan selebritis belum?” tanya Preti memulai pembicaraan mengenai rubrik interview artis.
“Tuh udah nyetok banyak, bulan kemarin banyak banget artis ada Kotak, Agnes, SM*SH, Super Girlies udah aku ketik juga, buka aja di file ku. Bulan ini Afgan, Judika, Derby Romeo mau dateng tapi aku belum tau kapan.” Aku menjelaskan semua rentetan artis yang udah berhasil kuwawancarai tetapi yang belum dimuat. Semoga aja sih bulan ini sedikit aja nguber-nguber artisnya. Dan berharap gak ada liputan artis yang sombong, ogah banget nguber dia cukup sekali dech dan nggak mau lagi. Mending nguber Cherybelle, sembilan gadis unyu-unyu.

“Tumben kamu udah diketik biasanya menjelang kerusuhan kamu baru kasih” Kata Uyun cuek yang udah hapal dengan kelakuan ku.
“Ya donk, aku kan best employer this year,bela ku dengan sengit.
“Yah kalau gitu kamu kejar Judika dan Derby. Aku tau kamu pasti males banget kan sama tuh artis songong, biar Liya saja yang nguber dia.”
“Oh Preti thanks God.” Secara reflek aku cium tangan Preti sebagai tanda terimakasih. Kenapa dia bisa tau ya aku paling anti sama artis songong? Whateverlah yang penting harapanku terkabul.

Sebenernya interview artis ini gampang susah. Kalau artisnya friendly nggak ada masalah untuk interview malah mereka yang ngundang wartawan untuk diwawancarai. Tetapi kalau artisnya songong rasanya ingin lempar perekam suara ke jidatnya. Kalau bukan karena karena kerjaan mending nyungsep di kasur ngorok dan mimpi indah. Biasanya interview artis ini tengah malem sebelum mereka show di club.

“Siswa prestasi udah dapet belum Tong?” Pertanyaan Preti merusak kesenangan ku saja.
“Udah ada beberapa calon tapi belum aku hubungin, ada yang juara congklak internasional. Ada juga wakil Indonesia untuk Jambore Kepanduan.” Jawab ku bohong, dari pada ketahuan belum dapet nanti kena semprot lagi dech. Masih mending sih kalau Preti yang nyemprot dari pada sibos dalam 10 menit nyerocos tanpa jeda titik dan koma belum lagi semburan ludahnya kayak air terjun Niagara.
“Oke, cepat di kontak ya satu aja cukup koq.” Pesan dari Preti singkat.

Nemuin siswa berprestasi bagaikan nyari jarum pentul di padang pasir. Cuma satu orang siswa dari puluhan ribu siswa begundal. Jadi perlu teknik sendiri untuk mencari siswa ini dan nggak asal prestasi juga, kalau bisa yang unik. Kadang rubrik ini bisa jadi hal yang seru karena ajang jalan-jalan kalau siswanya diluar kota Yogya. Liputan ini juga banyak manfaatnya karena kita bisa dapetin banyak inspirasi.

“Oh ya ada tambahan liputan lagi, kamu yang buat advertorial client ya sama Liya, karena aku udah gak ada waktu lagi.” Aduh kenapa lagi sih ini Preti nyerahin tugasnya ke aku juga pake acara banyak pula.
“Ogah ah kalau banyak, seperempat dan  sisanya Liya, kamu tau kan aku agak ribet sendiri kalau bikin advertorial. Gini aja aku yang liputan dan rekam kamu yang nulis. Deal?! Protes ku Preti itung-itung bagi tugaslah masa dia kerjanya cuma ngedit doank.
“Okay dech…..tapi buruan dikerjain buat client yang udah pasti untuk bulan ini nanti ku kontak clientnya kamu juga nanti di dampingin marketing.”

Sebenernya paling bosenin ini adalah buat advertorial mendingan aku nyungsep-nyungsep liputan traveling ke negeri entah berantah dari pada ketemu client terus wawancara. Yang ada itu percakapan yang menjemukan ujung-ujungnya nunjukin kehebatan tuh perusahaan dan betapa jagonya pimpinan perusahaan.

Setelah perdebatan panjang lebar akhirnya pembahasan page planer kelar juga. Biasanya bisa sampe seharian kalau sibos ikut nimbrung perdebatan cari tema bulanan. Belum lagi debat review tulisan bulan lalu bisa dibahas panjang lebar selebar-lebarnya pantai selatan Jawa. Ada baiknya juga sih untuk memperbaiki tulisan tapi kadang nggak nyambung juga sih apa yang dibahas sama yang diomelin. Contohnya lagi ngebahas rubrik kuliner tapi koq nyrempetnya aku suruh cari client restoran yang mau ngiklanin.

Meskipun perdebatan itu meruncing pada emosi tapi kita tetep professional lah itu urusan kerjaan. Kalau udah diluar jam kantor atau kelar meeting semunya kembali normal layaknya kawan dan nggak ngebahas masalah pertengkaran tadi. Intinya membahas page planer adalah ujung tombak isi majalah setiap bulannya. Kalau dari awal idenya udah jelek bakal amburadul kedepannya mungkin hasilnya semakin parah nggak ada lagi yang baca majalah.  

Sebenarnya bentuk page planer itu sebuah kertas tabel biasa yang setiap ujung kanan atas ada nomer yang menunjukan tanggal. Di dalam kotak itu kita isi kegiatan liputan dan selesai pengerjaan artikelnya. Page planer ini semacam agenda gitu dech sifatnya sebagai pengingat Preti dan sibos untuk menunjukan murkanya kalau para reporter telat ngumpulin artikel.

“Besok page planer kalian harus sudah jadi!” kata Preti ketus dengan ekspresi datar.


Kadang yang buat lama rapat redaksi page planer adalah mencocokan hari yang pas untuk pemotretan dan liputan tugas lainnya. Perlu dicatat fotografer di Skolah Magz cuma satu jadi bisa untuk rebutan ada Uyun, Aku dan Liya kadang juga disabotase oleh sibos kalau lagi perlu mendadak dan itu membuat page planer kita nggak ada artinya lagi alias kacau. 

No comments: