Monday 9 March 2015

KIMCHIL

KIMCHIL

Betapa indahnya mengenal orang lain, sebagai diriku sendiri
Betapa indahnya bertemu dengan orang lain, sebagai diriku sendiri
Betapa indahnya mencintai orang lain, sebagai diriku sendiri.
(Miseinen – Aqua Timez)

Aigoo (Oh My God) sekarang kok dimana-dimana banyak yang berbau Korea sih di Mall liat butik Korea, di café dengerin lagu Korea, nyampe kost nggak sengaja mampir kamar temen ngeliat dia lagi sesenggukan, aku pikir gara-gara kucingnya hamil diluar nikah eh ternyata dia lagi nonton drama serial Korea. Intinya sekarang lagi demam Korea termasuk remaja labil ikut terpengaruh Korea.

Ada pepatah mengatakan “apa yang kita tanam kita akan menuainya”, terus maksudnya apa nih? Sekarang kan lagi hebohnya Korean Pop yang disingkat jadi K-Pop. Aku yang bekerja dimajalah punya ide untuk buat rubrik K-Pop. Awalnya iseng aja sih buat artikel tentang kajaiban K-Pop. Dengan keberanian yang sangat dipaksakan aku masuk ke ruangan AE tempat singgasananya Bos.

“Bos, aku punya ide baru,aku memberanikan diri ngomong sama Bos yang sedang asik main facebook di komputernya.
“Ya ide apa?” tanya Bos singkat dan mataya tetap menuju ke arah monitor komputer.
“Gini bos, aku ada ide untuk bikin rubrik tentang Korean Pop, kan sekarang lagi mendunia tuh dan banyak ABG yang suka sama K-Pop,aku melontarkan ide ku dengan kondisi yang masih agak takut.
“Nggak!! Kamsupay ah.” Mata Bos mendelik.
“Yach, Bos kan belum baca rencana ku ini, ini ada proyeksi kedepan dan artikel apa saja yang diperlukan. Aku juga udah buat artikelnya.” Lalu aku serahkan ke bos.

Bukannya nanggepin dengan sumringah eh ditelan bulat-bulat kalau artikel ku kamsupay (kampungan). Dia cuma liat tumpukan kertas yang ku geletekan di mejanya. Boro-boro membaca menyentuh pun tidak. Kalau dia bukan bos ku udah aku botakin tuh rambutnya biar sama seperti aku.

Nggak terima donk dicuekin, langsung aja naik banding (hah emang pengadilan?). Masa udah capek-capek bikin semaleman begadang buat cari artikel tentang K-Pop dibiarkan begitu.

“Bos coba dech baca artikelnya, jadi tau isinya gimana,” berani juga nih aku nyuruh bos,  yang penting artikel ku diterima. Dia juga belum baca jadi nggak ada hak donk untuk ngatain K-Pop tuh kamsupay.

Dalam waktu 2 menit si bos baca artikel yang semaksimal mungkin udah ku bikin sebagus-bagusny.
“Ini sih biasa aja, apa itu K-Pop? Yang menjual itu artis-artis barat,” kata bos ku yang sotoy.
Dalam batinku “What!! Hari ini gini masih ada yang nggak tau K-Pop, balik aja lu ke jaman purba yang belum ada internet.” Untung aku sabar jadi nggak ngeluarin kata-kata sesumbar itu, bisa-bisa aku di pecat tidak hormat.
“Sekarang itu lagi trennya Korea bos, coba dech liat internet. Kalau di majalah yang kita langganan emang nggak ada yang ngebahas Korea karena mereka kan kiblatnya barat. Kita harus beda donk dari mereka bos. Aku sih pingin kita buat rubrik tentang Korea biar beda sama majalah yang lainnya. Paling nggak kita ulas satu artikel dulu dech buat edisi depan, kalau nggak ada respon boleh dech potong gaji tapi kalau ada repon positf naikin gaji ya,hehehehe.” Fuiiih aku berhasil presentasi dalam 1 menit, sekalian nyolong sindiran buat naikin gaji.
“Ok liat saja nanti, aku baca dulu.” Jawab bos datar.

Tanpa perintah dari bos aku segera keluar ruangannya dari pada kelamaan disitu nanti disuruh aneh-aneh lagi dech, liputan acaranya client-nya dia. Masih mending sih kalau acaranya informal coba kalau formal bisa salah kostum. Kebiasaan ku kalau lagi hari Sabtu kalau ke kantor cuma pake celana jins pendek dan kaos singlet. Kan hari Sabtu hari bebas jadi suka-suka aku donk mau ke kantor pake baju apa, si bos juga nggak protes koq kamu yang sewot? Loh aku nuduh sapa lagi nih.

Dua jam kemudian waktu lagi duduk manis baca buku pelajaran (Aneka, Go Girl, Gadis, HAI) ada email dari bos. Udah dech siap-siap kritikan pedas soal tulisan. Inilah yang ku suka dari sibos kasih kabar lewat email jadi secara nggak langsung semprotan ludahnya nggak nyembur aku, tapi tetep aja aku berhalunisasi seakan-akan dari dalam  monitor keluar semburan amarah bos. Deg-degan pas klik tulisan view, “Tong revisi tulisan K-Popnya kita coba buat edisi depan. Inget gaji siap dipotong”. Weks jahat banget nih orang becandaan dianggap serius potong gaji.

Dengan semangat berjuang agar nggak kepotong gajinya aku revisi artikel K-Pop mulai dari sejarahnya, pelaku K-Pop dan dampak dari K-Pop pokoknya dikupas abis. Salut dech sama Korea Selatan gimana bisa bikin budaya pop yang baru terus mendunia, sampai remaja Indonesia berubah jadi Kimchil. Apalagi tuh Kimchil? Sejenis orang yang penggila budaya K-Pop dari fans berat boy dan gril band Korea, dramaholic film atau serial Korea, sampai jadi pemulung berburu pernak pernik yang berbau Korea. Kimchil ini nggak cuma ada di kota besar aja tapi samapi pelosok pedesaan yang kalau kita cari dipeta pakai mikroskop saking terpencilnya.

@@@

Sebulan telah berlalu dan artikel Korea udah terbit. Itu bukan akhir dari perjuangan karena gajiku nggak jadi dipotong tetapi gaji ku malah naik sedikit (makasih bos). Ini adalah awal dari dikirku menjadi Kimchil, fuihh!!. Dari artikel tersebut ternyata banyak yang menyukainya dilihat dari kicauan dan wall di dua social media yang paling booming di Indonesia. Indikator lainnya penjualan jadi meningkat sampai-sampai presiden pun ikut membaca (kalau yang ini udah lebay tingkat dewa).

Lagi asik-asiknya makan siang sekalian bolos tidur siang di kost. Handphone bunyi nyaring, dan kuliat dari layar ada tulisan Bos. Aduh nih orang ganggu banget sih lagi mau tidur pula juga, nggak diangkat nanti dapet SMS kata-kata maut diangkat juga sama. Dengan keberanian akhirnya ku angkat juga dech.

“Kamu dimana?” tanya bos tendensius.
“Lagi di ruang wakasek SMA Harapan Negara,jawab ku ngibul, kalau aku bilang di kost bisa dipecat tidak hormat.
“Kalau udah kelar buruan ke kantor.”

Kenapa lagi nih bos tumben nyuruh ke kantor biasanya jika telpon itu kalau nggak nyuruh liputan ya marah-marah karena artikelku belum ada yang masuk editor. Bener-bener dech mengusik hari yang indah. Dengan was-was dan hati nggak tenang ke kantor. Nyampe kantor langsung masuk ke ruangan bos.

Ada apa bos?” tanyaku langsung to the point.
“Artikel mu sukes, selamat ya,kata Bos sumringah. Baru kali ini kulihat Bos senyum semoga setiap hari kaya gini. Ah paling hari ini dapet iklan besar jadi dia bisa cengar cengir. “Jangan senang dulu nanti ada rubrik tambahan mengenai K-Pop, buat rubrik gosip artis korea, profil artis Korea dua halaman, fashion Korea lalu untuk edisi bulan depan cari komunitas Korea yang ada di Jogja.” Bos memberikan instruksi dan rasanya aku ingin langsung terbang ke surga saja. Memang benar sadis dech gaji naik tapi kerjaan baru segambreng.

Sejak hari itu semuanya berubah, kehidupan ku jadi Kimchil. Gimana nggak berubah, aku jadi ikutan update gosip artis Korea, buku pelajaranku tambah lagi dech baca majalah atau tabloid yang berhubungan dengan selebritis Korea dan aku juga wajib dengerin lagu-lagu boy dan girl band Korea. Bikin artikel tentang Korea mah masih gampang ya tinggal ngambil dari internet. Nah yang ribet itu cari komunitas Kimchil, dari mana coba biar bisa dapetin Kimchil yang fanatik sama boy dan girl band Korea.  

Lagi asik-asik main Facebook lewat handphone aku nemu sebuah timeline dari seorang cewek berwajah unyu-unyu yang menginformasikan sebuah gathering fans club Big Bang salah satu dari boy band terkenal Korea. Wah kesempatan emas tuh langsung aku kirim pesan ngajak ketemu untuk ngomongin komunitas yang di ikutinnya kalau bisa sekalian bawa teman segambreng, biar seru aja ngeliat Kimchil-kimchil pada rebutan ngomongin idolanya.

“Hai, aku Entong dari Skolah Magz.” Aku memperkenalkan diri kepada lawan chatinng ku.
“Hi juga kak. Ada apa nih kak?” rupanya dia langsung merespon pesan ku. Untunglah dipanggil kakak, ya iyalah kan aku belum keliatan bapak-bapak.
“Aku boleh ngerepotin kamu nggak?”
“Apa  sih yang nggak boleh dari kakak?”

Waduh nih orang kayaknya udah akrab juga sama aku. Tetapi siapa ya? dari foto profilnya aku sama sekali nggak kenal. Tapi wajarlah namanya juga selebritis, Entong gitu loch banyak yang kenal tetapi aku sendiri nggak kenal,hehehe GR.

“Kamu VIP kan, boleh nggak aku liputan komunitas kamu?” Langsung to the point aja dech biar bisa cepet kelar urusan komunitas.
“Boleh kak. Kebetulan hari Sabtu ini kita ngadain ngumpul mingguan. Dateng aja tempatnya di TBY.”

Ok, hari Sabtu sore di Taman Budaya Yogyakarta kita ketemu. Sebelum ketemuan aku nyiapin informasi semua seluk beluk tentang Big Bang biar nggak bego-bego banget kalau ketemu mereka. Bisa-bisa aku yang cengok sendirian ngga ngerti apa yang mereka omongin. Mulai deh ngapalin satu persatu personelnya, gossip yang sedang menerpa Big Bang, semalaman suntuk buat belajar tentang Big Bang. Berhubung aku sudah menjadi Kimchil, aku paling suka sama Big Bang dari lagu dan video clipnya bagus. Aku juga nggak lupa belajar artis K-Pop lainnya buat informasi tambahan buat obrolan.

Hari Sabtu sore pun datang, yang buat sebel kenapa hari Sabtu sore? dimana saat aku bisa pulang cepat dan bersenang-senang nyiapin malem Minggu. Kalau liputan kaya gini mah itungannya masih kerja, tapi nggak apalah yang penting dapet liputan komunitas, jadi besok nggak ribet-ribet lagi. Dengan terpaksa dan iklas aku berangkat ke TBY.

Akhirnya sampai juga dech, dari halaman parkir aku udah melihat Merdi, gadis cantik yang nggak sengaja ku kenalnya dari Facebook, entah kenapa kok dia ada di friendlist, mungkin dia sengaja dikirimkan oleh Allah untuk ku yang sedang putus asa. Tampaknya dia ditemenin 2 cewek dan satu cowok yang dandannya nggak kalah heboh ngalahin personel 2 Ne 1 dan Big Bang. Koq bisa ya sempat-sempatin dandan kaya gitu.

Langsung saja kenalan sama mereka, yang cowok itu namanya Aksay remaja yang masih duduk di kelas 11 yang merupakan penggemar 2 Ne 1, fans clubnya bernama Black Jack. Ada Maria yang masih SMP juga seorang Black Jack. Selanjutnya ada Yeni gadis bermata sipit yang ngefans banget sama Big Bang. Fansclub Big Bang namanya VIP begitu juga dengan Merdi yang ngefans sama Big Bang sekaligus ketua dari UKLI (United Korea Lover Indonesia). UKLI ini adalah komunitas dari seluruh ketua fansclub boy and girl band Korea. Nanti dech aku jelasin lebih lannjut. Yang penting sore ini nggak sia-sia aku kerja dalam satu kali liputan dapet 3 komunitas. VIP, Black Jack dan UKLI. Berhubung 2 Ne 1 dan Big Bang bernaung di YG Entertaiment jadi mereka bagian dari komunitas YG Entertaiment.

Kalau Merdi berpakaian biasa aja dia pakai jilbab dan semuanya serba hitam. Namun ada yang berbeda dari Maria, dia berdandan ala personel 2NE1 yang ada di video clip I Am The Best, dia pakai jaket kulit bling-bling gitu, harusnya sih celananya juga dari kulit kalau di video clipnya tapi Maria malah pake legin warna hitam, nggak apalah yang penting bisa ngeksis. Nggak ketiggalan Maria pakai high heels hitam yang ada kerlap kerlipnya. Rambutnya di ikat ekor kuda, kalau kata ku salah kostum sih, ah nggak apalah yang penting aku bisa liputan dan interview mereka.

Lanjut liputannya, aku langsung interview dengan pertanyaan standar, kenapa bisa suka, sejak kapan suka, apa yang di sukainya dan tetek bengeknya. Yang buat ajaibnya waktu interview gitu mereka satu persatu mengeluarkan koleksi milik pribadi dari DVD, tanda tangan, buku, kipas dan semuanya itu original dan mereka juga cerita gimana cara dapetinnya. Ada yang dibela-belain ke Singapura waktu Big Bang atau 2 Ne 1 konser disana. Ada juga yang nitip temen waktu pergi ke Seoul dan mereka rela ngeluarin duit jutaan, sebegitunya kah? Kalau kata aku sih mending duitnya ditabung buat biaya merit, merit sama siapa ya? Pacaran aja belum pernah (bokis banget).

Ada yang buat ku tercengang lagi mengenai pertanyaan apa arti Big Bang buat hidup mu?

Merdi: “Everything, setiap hari itu aku dengerin lagu mereka dan lagu mereka tuh emang bener-bener soundtrack my life. Tiap hari juga aku liat video clip mereka apa lagi yang judulnya Haru-Haru pasti dech nangis. Apalagi sekarang (Okotober 2011) merupakan cobaan berat buat Big Bang (Merdi nyoba menahan air matanya) personelnya ada yang kena kasus tabrakan dan mabok (akhirnya pecah juga tangisannya). Aku yakin bukan dia pelakunya pasti ada yang ngejebak. Semoga sih Big Bang bisa bangkit kembali dan terus berkarya.

Gubrag, aku sampai speechless dech betapa Kimchilnya mereka dan emang bener-bener ngefans berat nggak kaya aku fans Big Bang KW 4, alias cuma suka doank. Buat heran, kenapa sampai nangis? emang Taeyang, TOP, G-Dragon, Donghae, Seungri bakal tau apa, kecuali kalau aku rekam mereka waktu nangis sesenggrukan terus ku kirim ke Big Bang. Inilah yang namanya fans sejati bisa merasakan penderitaan idolanya. Mereka juga selalu update informasi terbaru tentang idolanya dari lagu baru sampai berita remeh temeh. Kalau ada yang sampai ngfans lebih dari banget bisa-bisa dibikin kliping tuh beritanya buat dokumentasi.

Okay pertemuan dengan Big Bang dan 2 Ne 1 selesai, ada yang hebong lagi pas aku dateng ke acaranya SHAWOL (Shinne World) sebuah perkumpulan Kimchil yang fans sama Shinee. Aku dapet informasi acaranya dari Aksay yang berapa waktu lalu ketemu di TBY. Acaranya meriah banget di daerah UGM, pastinya yang dateng adalah para ABG Kimchil. Tiket masuknya sebesar 15 ribu dan nggak nyangka ternyata yang dateng banyak.

Seperti biasa tiap kali liputan event aku keliling kayak satpam lagi patroli dan pasti di ikuti oleh mas Dita, dia bagian seperti mata-mata kerena jeprat jepret mengabadikan gambar. Kebanyakan dari mereka mengenakan kostum ala Shinee yang androgini dengan paduan warna tabrak sana sini tentunya yang cerah ya, udah gitu rambutnya juga di cat temporer. Sebagian lagi ada sekelompok anak yang menggunakan baju yang sama, sepertinya mereka akan mengisi acara. Hanya segelintir orang yang berpakaian biasa saja casual, jadi beda banget kan antara yang fans banget niat dandan ala Shinee secara total dan orang yang sekedar berkunjung dengan baju apa adanya. Tapi ada salah satu yang unik, kali ini sok jadi bangsawan Korea kostumnya beda lagi, mereka niat pakai Hanbok, kalau di pakai dari rumah dan naik angkutan umum atau motor salut dech salah konstum dijalanan.  

Ada berbagai macam boots dari makanan khas Korea, jualan aksoris kalung atau gelang atau bros yang katanya lagi happening di Korea. Ada juga boots Hanbok yaitu penyewaan baju tradisional Korea.

Sekarang beralih ke acaranya, seperti biasa yang pertama adalah pidato kenegaraan Kimchil oleh ketua panitia dan ketua UKLI. Setelah sambutan acaranya dimulai, dari yang lomba lipsing lagunya Shinee, lomba kostum Shinee sampai joget ala Shinee. Dalam hatiku koq mereka niat banget bikin acara kayak gitu? Pasti mereka nyiapin buat acara ini satu atau dua bulan sebelumnya.

Ini dia acara yang ditunggu-tunggu yaitu pemutaran video Shinee, berhubung Shinee nggak bisa dateng lagi banyak job, jadi videonya pun tak apa, anggap saja Shinee sedang konser diihadapan mereka. Begitu layar menampangkan foto Shinee para Kimchil ini jerit nggak karuan seakan mau diperkosa gitu dech. Acara slideshow foto sudah rampung lalu dilanjutkan pemutaran video clipnya tambah histeris lagi dech, tapi ini belum acara puncak. Jadi salah satu panitia ada yang ke Korea Selatan ngikutin acara konser terus direkam. Pas acara gathering ini ditayangkanlah rekaman tersebut. Para Shawol jadi kaya kerasukan dedemit teriak histeris sampai ada yang nangis-nangis, padahal mereka cuma ngeliatan Shinee di layar putih apalagi kalau liat secara langsung nggak bisa dibayangin dech. Mungkin dengan cara itu mereka mendapat kepuasan tersendiri bisa ketemu idolanya walau hanya dilayar putih.

Nggak lengkap donk liputan acara tanpa interview panitianya. Wajib untuk interview mereka. Liputan acara biasanya cari ketuanya kalau nggak dapet ketuanya ya humas atau siapa saja dech yang bisa menjelaskan acara ini. Setelah muter-muter berburu seseorang yang dianggap kompeten untuk wancara akhirnya dapat juga panitiannya, tak tanggung-tanggung langsung dapet ketuanya.

Nama sang ketua Dubu, yang buat tercengang ternyata dia masih kelas 10 SMA. Niat banget ya buat acara kaya gini. Udah gitu acaranya juga lumayan sukses lah kira-kira ada 300an orang yang tumpah ruah di ruangan ini.

“Hai, aku Entong dan ini mas Dita. Kita dari Skolah Magz mau ngobrol sebentar bisa kan?” Aku memperkenalkan diri. Sekaligus memintanya untuk bersedia diwawancarai.
“Oh ya mas ada yang bisa dibantu?”
“Apa sih tujuannya diadakan acara ini?”
“hhhmmm” Dubu ambil nafas panjanng siap-siap menceritakan panjang lebar. “Gini sih pengin tau sebarapa banyak Shawol yang ada di Jogja, terus kita pengen seru-seruan aja. Buat ajang silaturahmi antar Shawol. Nggak nyangka sudah 400 tiket terjual padahal ini baru setengah hari. Ada juga loh yang dateng dari Solo, Semarang.”

Wih tuh kan bener yang dateng acara ini udah lebih dari 300 Kimchil. Hebat juga acara kaya ginian aja bisa datengin banyak masa, ini baru fansnya Shinee loh belum lagi kalo Elf (fans club Super Junior). Pake dukun mana nih bisa langsung laris manis.

“Ini persiapannya berapa lama ya?” aku semakin mengorek, ya biasalah untuk mendapatkan berita.
Persiapannya cuma enam bulan, tiga bulan kita udah mulai jual tiket dan baru kemaren kita pulang sekolah nyiapin keperluan buat hari ini. Tadi pagi-pagi banget dekorasi.
Oalah….ternyata udah 3 bulan ngejualin tiket, aku pikir hari ini langsung jualan. Tetapi tetep salut mengusahakan acaranya jauh-jauh hari pasti tiap setiap seminggu sekali mereka rapat. Kebanyakan panitianya adalah cewek jangan-jangan mereka yang menyiapkan semuanya gotong-gotong meja, masangin sound system dan lain kawan-kawannya.

“Lalu dari mana saja nih dananya?” aku masih penasaran acara sebesar ini pasti banyak duit yang keluarkan kan? Masa mau jagain lilin,hehehe.
“Dari penjualan tiket, ada juga dari sponsor dan yang mau berbaik hati dapet sumbangan juga.

Itu dapet sumbangan dari mana ya? koq jadi Kepo. Pasti tuh pakai rayuan maut bisa dapet sumbangan. Mungkin saja mereka beruntung mendapatkan rejeki ada orang berbaik hati. Bisa juga mereka waktu minta sumbangan dengan wajah memelas,hehehe. Jangan-jangan dapet sumbangan dari Shinee-nya langsung, oh tidak.

Begitulah liputan di acara komunitas fans Shinee. Banyak hal belajar dari sini, anak SMA aja bisa bikin acara heboh kaya gini diluar sekolah. Mereka juga bisa menyatukan antar semua fans. Secara nggak langsung mereka juga belajar bekerja menjadi EO. Belum tentu waktu aku masih sekolah bisa kaya gitu, karena jaman masih sekolah belum booming K-Pop.

Di lain waktu, masih dalam rangka liputan komunitas K-Pop  aku diajak Merdi untuk liputan komunitas UKLI, perkumpulan para ketua komunitas boy girl band Korea. Jadi isinya ada ketua dari Black Jack, Elf, VIP, Shawol, Hottest, Sone, Wonder World, dan masih banyak lagi.

Kalau yang ini mereka ngumpul bukan untuk nonton drama korea atau video clip pujaannya. Tapi intinya tetep menyambung silaturahmi. Nggak mungkin juga kan mereka tukeran souvenir kan beda bintang pujaannya. Biasanya mereka ngomongin jadwal gathering biar jadwalnya nggak tabrakan. Kan banyak tuh satu orang ngefans sama banyak boy girl band.

Acara para UKLI ini khusus buat sang ketua anak buahnnya nggak ada yang boleh ikut. Sebabnya adalah kalau anak buahnya pada ngikut otomatis akan bersinggungan dengan fans lainnya. Misalnya Merdi bawa anggota VIP dan ketua ELF bawa pasukannya, mereka pasti ngobrol-ngobrol kan kali aja mereka beda pendapat atau menunjukan boy band yang mereka puja lebih hebat yang kayak gitu bisa buat jambak-jambakan, nah loh. Biasanya sih ada VIP yang nggak suka ELF, atau Wonder World vs Sone atau campur-campur yang lainnya.

Baru kali ini liputan komunitas ribet banget. Biasanya liputan komunitas cuma ke satu tempat atau satu komunitas aja, nah ini harus muter-muter banyak tempat untuk ketemu berbagai komunitas groupis. Tapi ya lumayan sih sekarang jadi tambah ngerti tentang boy dan girl band Korea.

Meskipun melelahkan tapi liputan komunitas ini juga nggak diribetin sama foto karena begitu liputan langsung dapet foto. Seringnya sih dapet foto belakangan setelah interview karena hanya aku dan narasumber saja, Bos maunya ada foto yang lagi rame-rame masa mau manggil orang lagi lewat terus foto nggak mungkin juga lah. Paling sebel kalau narasumber lama nyerahin fotonya  dan mesti di kejar-kejar dulu, padahal aku minta dikirimnya lewat email.

Ada pengalaman seru lainnya waktu aku liputan di salah satu SMK Kota Pekalongan. Seperti biasa aku selalu menyempatkan diri untuk mengkordinasi ngisi testimonial waktu itu kira-kira ada 15 siswa bau kencur (abis wajahnya imut-imut banget). Sembari menunggu giliran untuk foto atau ngisi testi aku kasih mereka beberapa majalah edisi terbaru dan yang lama. Awalnya sih tenang-tenang aja tapi beberapa saat kemudia terjadi kegaduhan dua orang cewek adu mulut dan kalau nggak segera dilerai adegan Jupe dan DP bakal terulang di sekolah ini. Setelah diusut mereka rebutan poster Jang Geum Suk yang nyelip di majalah. Aku cuma cengok dan diam terpaku melihat kelakuan mereka. Hanya sebuah poster aja bisa hampir jambak-jambakan.

Hadew Kimchil ini emang ada-ada aja kelakukannya. Dari pada cinta produk luar kenapa nggak cinta produk Indonesia aja? Melongo membayangkan Boy and Girl Band imitasi dari Indonesia. Ah kalau itu nggak usah dibahas. Eh tapi jaman dulu adalah boyband murni asli Indonesia nggak Cuma orangnya aja yang dari Indonesia taetapi aliran musiknya juga asli Indonesia. Ada yang inget nggak sama boyband G4UL salah satu personelnya adalah Saeful Jamil, boyband ini beda dengan lainnya karena mereka bikin boyband Dandut, nah aslikan dari Indonesia?

Sebenernya Idonesia bisa juga loh kaya Korea Selatan dengan Halyu. Buktinya aja sinetron kita laku di Malaysia, orang Malaysia juga udah bisa bahasa gaul Indonesia gara-gara hobi nongkrongin sinetron Cina Fitri dan kawan-kawannya. Pencak silat sudah mulai dilirik berkat film The Raid, malah tuh film jadi Box Office di Eropa dan Amerika. Banyak juga loh film-film Indonesia berjaya di berbagai festival film internasional.

Pada kenalkan sama mbak Anggun C Sasmi dan kakak Agnes Monica? Mereka juga salah satu duta Indonesia yang sudah go Internasional. Secara nggak langsung mereka juga membawa nama baik Indonesia dalam hal kebudayaan. Mereka mengenalkan Indonesia dengan karyanya. Jangan lupa juga kita berterima kasih sama duta seni yang nggak terkenal, mereka mengenalkan budaya Indonesia ke seluruh dunia.

Kita juga bisa koq mengenalkan budaya Indonesia ke seluruh dunia. Caranya gampang, kita bikin pentas kesenian tradisional, apapun bentuknya tarian, nyanyian, music atau yang lainnya lalu. Lalu kita upload di YouTube, secara nggak langsung kita udah jadi duta wisata Indonesia. Percaya dirilah pada diri sendiri dan percaya diri kita sebagai orang Indonesia yang punya kebudayaan nggak kalah keren dari negara lain.


AKU CINTA INDONESIA.

No comments: