Wednesday 16 March 2011

berdayakan angkutan umum


Banyak kota di Indonesia rame-rame buat busway setelah Jakarta ada Batam, Jogja, Semarang, Bandung skg Solo tak mau ketinggalan. sebenernya penting gak sich buat angkutan umum baru? mungkin bagi jakarta masih penting ya bikin trans jakarta untuk mengurai kemacetan. tetapi kota lainnya gimana tuch? mungkin belum penting banget yach.....masih ada angkutan umum yang memadai. tapi koq kenapa pemkot nambahin trans bus ya? buat proyek tambahan buat korupsi kali,hahahahah. whateverlah

tetapi buat trans bus juga gak ngilangin masalah yang ada kadang tambah ruet ajah. tambah polusi jelas banget ya.....tambah macet, coz tambah kendaraan di jalanan. tambah anggaran buat pemeliharaan. kalo buat lapangan kerja boleh lah...tapi kan gak seberapa juga.

yang jadi solusi adalah pengaturan ulang angkutan umum swasta. mobil yang udah entah berantah bentuknya di perbaiki, di bagusin dikit lah. kalo udah bagus, gak usah pake ngetem, waktu juga uang buat penumpang cuy..... gak usah pake kebut2an pake acara rebutan penumpang. huff.....kalo solusi yang itu sistemnya penghapusan setoran. jadi tiap bulan kernet dan supir udah punya gajinya. jadi kan teratur tuch angkutan umumnya. kalau di jogja jam oprasi angkutan umum juga diperpanjang sampai jam9 paling nggak.angkutan umum juga masuk kepelosok tempat.

dengan adanya angkutan umum yang memadai pasti banyak orang juga akan pakai angkutan umum, contoh ajah jepang sebagian besar penduduknya pakai kereta api. atau di negara2 maju pada pake angkutan umum. gak usah gengsi. semua ini buat go green. dengan peminimalisasi penggunaan kendaraan pribadi.

No comments: