Thursday 10 March 2011

I LOVE YOU DAD

aku baru ajah buka catatan temen tentang ayah, dia juga dapet dari forward. isinya mengharu biru betapa kuatirnya seorang ayah kepada anaknya. mungkin tiap anak juga punya cerita sendiri tetang bokapnya yang ini lah itulah....tapi gimana pun juga itu bokap kamu. gak ada yang namanya bekas bokap. lanjut aja dech.....
dulu aku mikir papah koq galak banget sich, dikit dikit marah kalo udah marah bikin ati nyesek ajah. tapi ternyata dibalik kemarahan itu ada maksdunya. pertama aku inget banget dulu waktu jaman masih sekolah diniyah. bis pulang sekolah umum langsung brangkat sekolah diniyah papah yang langsung nganter ke sekolahan padahal cuma sebelah rumah tau kali yach anaknya barang kali anaknya punya rencana busuk buat kabur,hahahaha. apa lagi kalo hari minggu waktunya males2n eh siang-siang harus brangkat gak ada alasan buat gak brangkat. kalo ketauan bolos marahnya panjang lebar.

trus ada cerita lagi waktu itu disuruh beli helm, helm batok aja sich aku beli harganya kalo gak salah 10.000 pas nyampe rumah i dimarain pokoknya. dari kecil aku dah dapet uang jatah bulanan nah disaat udah abis bokap gak mau kasih uang tambahan gak mau tau alasannya juga. terpaksa di skolah nggak njajan. terus dulu waktu masih kecil pengen banget beli mainan yang kayak punya temen2 tapi mesti papah gak mau beliin mainan. dalam pikiranku pelit banget sich papah.

kalau dirumah ada masalah rumah tangga (bukan brantem antar bonyok ya) kayak genteng mlorot, kabel putus, pipa mampet, dan laen-laen dech. bokap anti banget panggil tukang. mesti dikerjain sendiri beserta dua anak cowoknya. paling lucu n ngeselin kalo papah dah nyerah n gak bisa mesti ngedumel dalam langsung dilimpahin yang ada.

waktunya ajaran baru dimulai. dulu tiap kali terima raport mesti papah yang ambil pulang dari terima raport mesti juga makan mie ayam. walau aku gak dapet ranking n ada noda merahnya. dulu waktu sd papah yang sering ngajarin pr, tapi koq bisa sabar banget yach?? ada jam malamnya pula. bis magrib ngaji dulu trus belajar bis tuw baru nonton tipi itu pun bentar. jadi dari kecil aku emang jarang nonton tipi kebawa mpe sekarang kali yach.
waktu pergantian sekolah ke lebih tinggi. aku pikiri tuch papah gak sayang ma aku, aku daftar smp sendiri , daftar sma pun sendiri sampe kuliahpun juga sendiri. aku liat dimana2 anak sama papahnya aku aja sendiri. terus waktu pertama kali ketilang papah juga cuek2 ajah.

eits jangan berburuk sangka dulu tentang papah ku. ada alasan2 tertentu yang papah lakuin buat aku dan ke 4 kk ku.

1. yang masalah sekolah diniyah. maksud papah adalah sedari kecil anak2nya di cekokin ilmu agama. buat bekal nanti kalo udah gedenya. biar ngerti tentang agama dari kecil. gak cukup kalo cuma dari papah atau mamah ajah perlu sekolah khusus. malah mas jun ma mba hida pas teka di pondokin di gresik yang jaraknya ratusan kilometer dari brebes. itu semua buat ankanya pinter agama.

2. yang masalah uang helm. papah tuch sangat teliti banget dalam hal keungan. kalo kita bisa lebih murah tapi bagus kenapa nggak. kalo kita bisa nawar kenapa nggak. jadi sebisa mungkin beli barang yang berguna buat nantinya, tapi papah tuch gak masalah kalo anaknya minta duit buat beli buku. dari kecil papah dah ngajarin buat ngatur uang. papah ngajarin buat disiplin dalam pengaturan uang kita sendiri. sampe sekarang jadi kebawa dech.....uang receh demi sedikit di kumpulin. pas dah ngekost gak mikirin uang bulanan walau bulanan ku gak seberapa dibanding ma temen2.

3. yang masala tukang. papah ngajarin anaknya be creative. biar anaknya juga mikir buat nylesein masalah yang ada dirumah. kayak kemaren gara2 ledeng mati anaknya yang disuruh mikir gimana jalan keluarnya. tapi tetep ajah sich idenya papah yang di pake. papah orangnya demokrasi ngajarin anaknya buat berpendapat. terus papah ngajarin gak bergantunga ma orang lain. selama kita bisa ngerjain kenapa gak dilakuin ajah toh kita juga mampu.

4. papah juga orangnya bijak walau apa yang kita dapet kurang maksimal papah tetep kasih reward dari paling gak makan2 mie ayam lah..... yang penting aku dah berusaha keras buat dapetin sesuatu. sampai sekarang aku juga harus bisa hargai kerjaan orang lain.

5. aku pikir papah gak perhatian ma aku gak anterin daftar sekolah. pelajaran yang aku dapet adalah kemandirian. aku diajarkan untuk mandiri. aku masih bisa kenapa harus sama orang lain. sampai sekarang bekas banget gara papah bilang "kamu kan punya mulut kalo nggak ngerti tanya" jadi intinya aku usaha dulu sebisa mungkin kalo dah mentok baru tanya ma orang disekitar. papah ngajarin untuk brani bertanya brani untuk mandiri dimanapun berada.

masih banyak banget pelajaran yang didapet dari papah. sekarang papah udah tua dah gak kerja lagi taun lalu sakit2n. love u dad, thx for all.

1 comment:

Tauvik Abdullah said...

I actually do not know how about my dad.........